IAIN Kendari Teken MoU dengan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan

Lily Ulfia, SE 15-10-2021 (13:41:45) Berita 144 times
IAIN Kendari menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten Buton Selatan tentang peningkatakn kualitas Sumber Daya Manusia pada bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut ditandatangani oleh Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd dan Bupati Buton Selatan La Ode Arusani di kantor Bupati Buton Selatan, Batauga (15/10/21)  

Salah satu poin penting dalam kerjasama tersebut yakni Pemerintah Kabupaten Buton Selatan bersedia mengalokasikan anggaran pendidikan untuk beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Buton Selatan.

Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani mengungkapkan pengalokasian anggaran pendidikan tersebut sebagai bentuk komitmen daerah yang dipimpinnya untuk memajukan pendidikan di Busel. Sehingga, pihaknya sangat mengapresiasi langkah IAIN yang secara inisiatif untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Buton di bidang pendidikan.

"Sebenarnya banyak masyarakat di Busel yang ingi berkuliah di Kendari, tapi pemerintah Busel belum banyak memiliki kerjasama dengan kampus-kampus. Sehingga, adanya kerjasama ini diharapkan calon mahasiswa dari Busel dengan mudah masuk ke IAIN," kata Arusani disela-sela penandatanganan MoU bersama IAIN Kendari.

Sebagai tindak lanjut dari kerjasama ini, Arusani meminta kesediaan pihak IAIN Kendari untuk mengalokasikan kuota beasiswa khusus untuk masyarakat Busel. Menurut Arusani, hal itu penting dilakukan mengingat kualitas pendidikan di Buton Selatan masih dan harus terus ditingkatkam guna menjawab tantangan perkembangan zaman.

"Kualitas SDM di Busel masih perlu ditingkatkan terutama pada bidang pendidikan," paparnya.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengapresiasi atas terjalinnya kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan di bidang pendidikan tersebut. Rektor mengungkapkan kerjasama itu sebagai stimulan dari pemerintah untuk masyarakat dan juga adanya tanggungjawab perguruan tinggi IAIN Kendari dalam rangka meningkatkan pendidikan bagi masa depan anak bangsa.

"Karena IAIN Kendari memiliki rasa tanggungjawab terhadap pendidikan di seluruh daerah Sulawesi Tenggara, terutama daerah-daerah yang cukup jauh dari lingkungan IAIN Kendari seperti di wilayah Kepulauan," ungkapnya..

Rektor berharap dengan adanya kerjasama ini, masyarakat khususnya di Buton Selatan bisa memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah Kabupaten Buton Selatan sebaik-baiknya dengan terus mengukir prestasi diberbagai bidang di dunia pendidikan.

"Selain untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Buton, kami juga ingin melihat kondisi masyarakat setempat dan memang masih dibutuhkan sentuhan dari perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas SDM," pungkasnya. (liv)

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 22-10-2021 (13:42:52)
  • Lily Ulfia, SE 22-10-2021 (13:43:00)
  • Lily Ulfia, SE 22-10-2021 (13:43:08)
  • Lily Ulfia, SE 22-10-2021 (13:43:26)

Related Post