Wakil Rektor/Wakil Ketua PTKIN Se-Indonesia Hadiri Rakor di IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 18-03-2016 (00:27:32) Berita 693 times

Prof Amsal Bachtiar

Kendari (Humas) - Wakil Rektor/Wakil Ketua Perguruan Tinggi Islam Negeri Se-Indonesia mengikuti Rapat Koordinasi Nasional di IAIN Kendari, 16-18 Maret 2016. Rapat tersebut mengagendakan pembahasan teknis persiapan Perkemahan Wirakarya ke XIII Perguruan Tinggi Keagamaan (PW XIII PTK)  yang akan digelar di kampus IAIN Kendari 16-22 Mei 2016. Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof. Dr. Amsal Bachtiar, MA mengatakan dalam sambutannya saat acara pembukaan di Hotel Plaza Inn, Kegiatan kepramukaan dua tahunan ini berbeda dari sebelumnya karena berciri khas kemaritiman. Beberapa program bernuansa maritim antara lain dengan adanya gerakan pembersihan pantai serta penggunaan kapal laut sebagai moda transportasi bagi peserta. ‚ÄúTransportasi melalui jalur laut akan memberikan pengalaman baru serta menambah wawasan kemaritiman bagi anak-anak kita, nantinya kita akan menggandeng TNI angkatan laut untuk menyiapkan kapal perang sebagai alat transportasi‚ÄĚ paparnya.

Rektor IAIN Kendari dalam pengantar katanya mengungkapkan sejumlah tahapan persiapan yang telah dilakukan IAIN Kendari agar kegiatan PW XIII PTK dapat berlangsung lancar dan sukses. Persiapan tersebut melibatkan pemerintah setempat baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, mulai dari persiapan penjemputan dan pemulangan, upaca pembukaan, lokasi bakti sosial dan home stay, termasuk memastikan keamanan bagi peserta selama mengikuti kegiatan.

Selanjutnya, pada hari kedua pelaksanaan Rakor di Kampus IAIN Kendari, Kamis (17/3/16) ketua tim pengawas, penelitian dan evaluasi PW XIII PTK Dr. Afif Anshori mempresentasikan skema kegiatan secara rinci yang mendapat apresiasi dari peserta rakor. Kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi home stay desa Alebo, Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan antara lain Bedah Rumah dan pembersihan Rumah Ibadah serta kegiatan bersih-bersih kampung. Di bidang spiritual, peserta kemah akan mengikuti sholat dhuha secara massal yang diusulkan akan dilaksanakan di tepi pantai teluk Kendari. Selain itu, pada acara pembukaan yang akan berlangsung di Lapangan Eks MTQ Kendari akan dilaksanakan senam tongkat massal dan etno carnaval.

Usai berdiskusi mengenai persiapan PW, seluruh peserta rakor meninjau lokasi perkemahan dan home stay serta lokasi upacara pembukaan.  Hasil dari rakor ini akan menjadi panduan bagi semua kontingen agar mempersiapkan seluruh kebutuhan peserta selama berada di Kendari. (Liv)

 

Related Post