UPT Bahasa Latih Mahasiswa Terjemah Fauriyah

Lily Ulfia, SE 24-05-2017 (10:30:30) Berita 927 times
Kendari, Humas IAIN Kendari - UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari menyelenggarakan Pelatihan Terjemah  Fauriyah  Bagi Mahasiswa. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari tanggal 22 s/d 24 Mei 2017. Kegiatan yang diikuti oleh 15 orang yang merupakan perwakilan masing-masing fakultas ini bertujuan untuk membekali mahasiswa IAIN Kendari kemampuan menerjemahkan literatur ataupun bahan bacaan berbahasa Arab secara langsung atau biasa dikenal dengan istilah terjemah spontan.

Kepala UPT Bahasa, Fahmi Gunawan menjelaskan, kemampuan yang diasah dalam pelatihan ini antara lain bagaimana mengetahui lambang dari kosakata bahasa Arab, arti kosakata bahasa Arab, gramatoka bahasa Arab, memahami isi kandungan teks dan struktur kalimat, mengetahui berbagai kaidah redaksi kebahasaaan bahasa Arab, serta beberapa pengetahuan tentang biografi dan latar belakang pengarang buku.
“Kemampuan tersebut menjadi hal penting yang perlu dikuasai dalam membaca teks bahasa arab agar mampu memahami terjemahan secara spontan” tambahnya.

Rektor IAIN, Nur Alim Kendari merespon baik kegiatan ini. Menurutnya para peserta patut mengasah kemampuan soft skill yang tidak dimiliki oleh semua mahasiswa IAIN Kendari itu, sebagai bagian dari pengembangan diri yang akan bermanfaat bagi karirnya di masa yang akan datang. Selain itu, dengan kemampuan menerjemah literatur bahasa Arab akan semakin memudahkan mahasiswa untuk menambah wawasan dan cakrawala berfikir melalui hasil bacaan kitab/kitab literatur Arab.
Kegiatan Pelatihan Terjemah Fauriyah baru pertama kalinya dilaksanakan. UPT Bahasa menggagas kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan skill mahasiswa IAIN Kendari yang sebagian besar sering memanfaatkan literatur berbahasa arab pada proses perkuliahan. (sms/liv)

Related Post