IAIN Kendari Gelar Upacara Peringatan HAB Ke-76 Kementerian Agama

Novi Rahmilia 03-01-2022 (11:29:35) Berita 209 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama RI yang diikuti oleh ASN, mahasiswa, dosen purna bakti dan pengurus dharma wanita persatuan IAIN Kendari.

Pada upacara bendera yang berlangsung di Pelataran Gedung Kuliah Terpadu, Senin (3/1/2022), Rektor Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd yang bertindak selaku pembina upacara membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Dalam sambutan tersebut, Menteri mengungkap rasa syukur sebab sejak dibentuk pada tanggal 3 Januari 1946 hingga saat ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan  pengamalan ajaran agama. Kemenag juga telah mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua pihak.

Pada kesempatan ini, Kementerian Agama juga mengumumkan pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat selama menjadi ASN.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini. Atas nama Presiden diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya masa pengabdian 30 tahun kepada 509 orang, masa pengabdian 20 tahun diberikan kepada 2.802 orang, dan masa pengabdian10 tahun kepada 5.999 orang” jelasnya.

Di lingkup IAIN Kendari, Rektor menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10 ASN IAIN Kendari yang telah mencapai masa pengabdian 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Berikut ini nama-nama ASN penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya:

Masa pengabdian 30 tahun:
1. Dr. Basman, M.Ag
2. Dr. St. Kuraedah, M.Ag
3. Ir. Muragmi Gazaly, M.Ed.

Masa pengabdian 20 tahun:
1. Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag
2. Hasnah, S.H.I.

Masa Pengabdian 10 tahun
1. Ibrahim Iskandar, SE
2. Siti Salamah, S.Si
3. Lily Ulfia, SE., ME
4. Asridan, SE
5. Surianti, S.Kom
6. H.Fathul Mu’in, S.Kom., SH.

Usai pelaksanaan upacara, Rektor juga memberikan penghargaan kepada pengelola jurnal Al-Izzah dan At-Ta’dib yang berhasil meraih predikat akreditasi jurnal SINTA 3. Penghargaan lainnya diberikan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Randi Aditya Putra SE., M.Ak sebagai Peserta Terbaik I dan Adenisastrawan, S.H.I., MH sebagai Peserta Terbaik III pada Pelatihan Dasar CPNS golongan III angkatan V-VI Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Makassar.

Pemberian penghargaan diharapkan dapat menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan kinerja ASN dalam rangka mencapai target peningkatan mutu dan kualitas IAIN Kendari dimasa mendatang.  

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan lomba bola gotong dan lomba futsal daster yang diikuti oleh jajaran pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa serta dharma wanita IAIN Kendari. Kegiatan hiburan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi yang sempat tersendat akibat pandemi covid-19.

Sebelumnya IAIN Kendari juga telah menggelar berbagai macam lomba olahraga seperti bulutangkis dan tenis meja. Pengumuman lomba dan penyerahan hadiah bagi para pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2022.

Editor: Lily Ulfia