Ini Rangkaian Peringatan HUT RI Ke 74 di IAIN Kendari, Zikir Akbar hingga Kreasi Yel-yel Kebangsaan oleh Ribuan Mahasiswa

Lily Ulfia, SE 17-08-2019 (12:03:32) Berita 255 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri Kendari  turut memeriahkan perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 dengan menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Pada puncak perayaan hari Kemerdekaan ini dilaksanakan upacara bendera di halaman gedung kuliah terpadu, Sabtu (17/8/19).

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd bertindak sebagai Pembina Upacara yang diikuti oleh jajaran pimpinan antara lain Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, serta Ketua Senat dan Kepala SPI. Para dosen dan pegawai juga menghadiri upacara tersebut dan diramaikan oleh ribuan mahasiswa baru IAIN Kendari tahun akademik 2019/2020.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera IAIN Kendari dibawah komando pelatih Mirdan Ali. Pengibaran bendera merah putih berjalan lancar dan penuh hikmat.  Pada upacara kali ini, Rektor IAIN Kendari membacakan amanat Presiden Joko Widodo di hadapan seluruh peserta upacara.

Sebelum membacakan amanat presiden, Rektor menyematkan tanda kehormatan satya lencana karya satya 20 tahun kepada 5 orang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan satya lencana karya satya 10 tahun kepada 13 orang ASN. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi negara kepada ASN yang telah menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Usai upacara, ribuan mahasiswa mempersembahkan kreasi yel-yel nasionalisme dan cinta tanah air. Yel-yel yang diiringi dengan gerakan menepuk dada dan tangan secara serentak, menimbulkan suasana yang membakar semangat para generasi muda ini untuk mengikrarkan kesetiaannya kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Yel-yel tersebut diharapkan terpatri di dalam hati dan jiwa mahasiswa baru, memberikan motivasi untuk terus berkarya dan menjadi generasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta menolak rongrongan organisasi yang berupaya mengganti dasar negara.

Upacara ditutup dengan atraksi mozaik barisan mahasiswa baru bertuliskan IAIN Kendari dan PBAK 2019 menggunakan hiasan pom-pom. Selebrasi ini membutuhkan fokus, konsentrasi, keuletan dan perjuangan serta kekompakan para peserta agar formasi dapat terbentuk sempurna. Atraksi mahasiswa baru ini disambut tepuk tangan meriah dari peserta upacara.

Rangkaian Perayaan HUT kemerdekaan RI ke 74 di IAIN Kendari dimulai sejak Jum’at Malam (16/8/19) dengan menyelenggarakan kegiatan Dzikir Akbar. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama IAIN Kendari, Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tenggara dan Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara.

Kepala BINDA Sulawesi Tenggar Brigjen TNI Aminullah turut hadir pada kegiatan yang juga diisi dengan ceramah kebangsaan oleh Ketua PWNU Sulawesi Tenggara Drs. KH. Muslim, M.Si serta deklarasi mahasiswa setia pada NKRI dan Anti Narkoba dari ribuan mahasiswa IAIN Kendari. (liv)
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 19-08-2019 (12:22:01)
  • Lily Ulfia, SE 19-08-2019 (12:22:16)
  • Lily Ulfia, SE 19-08-2019 (12:22:27)
  • Lily Ulfia, SE 19-08-2019 (12:31:23)
  • Lily Ulfia, SE 19-08-2019 (12:31:34)

Related Post