Unit Kesehatan Sivitas Akademika IAIN Kendari Resmi Beroperasi

Lily Ulfia, SE 13-08-2019 (14:34:21) Berita 401 times
Kendari, Humas – Rektor IAIN Kendari, Prof. Faizah Binti Awad, M.Pd  meresmikan pengoperasian Unit Kesehatan Sivitas Akademika (UKSA) IAIN Kendari  Selasa, 13 Agustus 2019. Peresmian ditandai dengan penarikan tirai papan nama UKSA yang disaksikan oleh Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Kepala Satuan Pengawas Internal, serta para Kepala Bagian.

Kehadiran Unit kesehatan ini bertujuan memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi sivitas akademika terutama yang mengalami gangguan kesehatan secara tiba-tiba selama berada di dalam kawasan kampus.

“Dengan adanya UKSA kita harapkan memberikan pertolongan pertama bagi dosen, pegawai maupun mahasiswa apabila mengalami gangguan kesehatan, terutama saat kita melaksanakan kegiatan berskala besar. Kemungkinan ada yang mengalami kondisi fisik menurun atau kecelakaan, bisa segera mendapatkan pertolongan paramedis di tempat ini”, ungkapnya saat melakukan peninjauan fasilitas UKSA.

Selain untuk perawatan ringan, UKSA juga memberikan pelayanan check up kesehatan standar seperti mengukur tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan lain-lain.

UKSA pertama kali dimanfaatkan saat pelaksanaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan kemahasiswaan. Puluhan mahasiswa yang tidak sadarkan diri akibat kondisi fisik yang lemah langsung mendapatkan perawatan di tempat tersebut.

UKSA dilengkapi dengan sarana standar pelayanan kesehatan seperti ruang dokter, ruang perawatan, alat infus, alat bantu oksigen, obat-obatan dan alat kesehatan untuk medical check up. Pengadaan fasilitas ini dianggarkan pada tahun 2018.

Rencananya UKSA akan menjalin kerjasama dengan puskesmas dan rumah sakit sebagai rujukan bagi pasien yang membutuhkan penanganan serius dan peralatan kesehatan yang lebih lengkap. (liv)
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 22-08-2019 (15:14:46)
  • Lily Ulfia, SE 22-08-2019 (15:20:00)

Related Post