UNAIR Buka Peluang Kerjasama Studi Lanjut Pascasarjana Berbasis Riset

Novi Rahmilia 10-07-2024 (12:32:42) Berita 405 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendapat peluang dari Universitas Airlangga (UNAIR) untuk penyelenggaraan Program Studi Lanjut Pascasarjana berbasis riset. Program ini ditujukan kepada para dosen yang ingin melanjutkan studi tanpa meninggalkan tugas.

Sinyal positif terkait peluang kerjasama ini terungkap saat penyelenggaraan kuliah umum dengan tema Pengembangan Mutu Pendidikan Tinggi di IAIN Kendari di Aula Perpustakaan, Selasa (9/7/2024). 

Dalam sambutannya Wakil Rektor I, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si menuturkan kegiatan ini penting diikuti untuk mendapatkan informasi bagi yang ingin melanjutkan studi Pascasarjana di Universitas Airlangga. 

"Kegiatan ini mudah-mudahan juga menjadi awal yang baik untuk kerjasama selanjutnya dengan Universitas Airlangga dalam upaya mendukung peningkatan kompetensi SDM," katanya.

Jumarddin menjelaskan, studi lanjut S3 bagi dosen adalah salah satu langkah konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mendorong percepatan jenjang karir dosen. Hal tersebut akan memberi dampak yang besar terhadap perbaikan mutu kelembagaan IAIN Kendari.

Sementara itu Perwakilan Universitas Airlangga Yanuardi Raharjo, S.Si., M.Sc. Ph.D menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan civitas akademika IAIN Kendari. 

"Terus lanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S2 dan S3 jadikan diri anda di kenal di dunia internasional," singkatnya. 

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Dr. Alfiah Hayati, M.Kes Guru Besar Universitas Airlangga dengan tema "Nanoplastic and their impact on human health".

Dr, Alfiah memaparkan bahaya nanoplastik bagi kesehatan manusia. Tidak seperti mikroplastik, nanoplastik lebih sulit dideteksi meskipun telah menggunakan alat seperti mikroskop. Penyebaran nanoplastik pada tubuh hewan dan manusia dapat menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya.


Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim
Editor: Lily Ulfia