UIN Malang Jadi Tuan Rumah PIONIR 2019

Lily Ulfia, SE 04-05-2018 (15:32:29) Berita 1299 times
Pekanbaru, Humas – Forum Wakil Rektor/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se Indonesia menyepakati penunjukan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke IX tahun 2019.

Kesepakatan para penanggungjawab kegiatan kemahasiswaan tersebut diambil saat Rembuk Nasional Forum Warek/Waket Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam rangka Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya ke XIV yang digelar di Pekanbaru, Jum’at (4/5/18).

Rapat dipimpin oleh Warek III UIN Arraniry Banda Aceh, Syamsul Rijal selaku ketua Forum didampingi Kepala Seksi Kemahasiswaan Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis, Ruchman Basori dan Wakil Rektor III UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Tohirin selaku tuan rumah penyelenggara PW PTK XIV dan Wakil Rektor III III IAIN Kendari, Moh. Yahya Obaid, sebagai moderator.

Menurut Yahya, UIN Malang telah dua kali menyatakan kesiapannya sebagai pelaksana PIONIR sehingga dinilai paling siap melaksanakan kegiatan yang akan melibatkan ribuan mahasiswa PTKIN tersebut.

“Sebelumnya ada tiga PTKIN yang jadi calon tuan rumah yaitu UIN Malang, UIN Palembang dan UIN Makassar. Kami menilai UIN Malang siap melaksanakan PIONIR, sedangkan UIN palembang akan menjadi calon tuan rumah PW PTK ke XV dan UIN Makassar sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga, Riset, dan Seni Indonesia Timur atau POROS INTIM”, jelasnya.

Sebanyak 24 cabang akan diperlombakan dalan even dua tahunan tersebut. Ruchman berharap, dengan penunjukan UIN Malang sebagai tuan rumah PIONIR, masing-masing PTKIN sudah harus menyiapkan budgetting anggaran untuk mengikuti kegiatan dimaksud.

“Pengusulan anggaran bisa dilaksanakan sampai September nanti dan sebaiknya tetap mengikutkan Humas sebab di PW PTK ini publikasinya lebih baik sehingga kinerja bidang kemahasiswaan juga bisa terpublikasi” tutupnya.

Tahun 2017 lalu, PIONIR dilaksanakan di ujung pulau Sumatera, UIN Arraniry Banda Aceh. IAIN Kendari mengirimkan peserta untuk mengikuti 10 cabang lomba pada kegiatan dimaksud.  (liv)
 

Related Post