Transdisiplinarity, Basis Keilmuan di IAIN Kendari

Super User 15-06-2015 (07:40:35) Berita 818 times

Prof Amin Abdullah - kuliah umum 15-06-15.jpg 2Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memperoleh perluasan mandat dengan membuka program studi umum antara lain tadris IPA, Tadris Biologi, Tadris Fisika, Matematika, dan Hukum Tata Negara. Sebelumnya, saat berstatus STAIN, lembaga ini hanya focus pada penyelenggaraan program studi berbasis ilmu agama. Kondisi ini mengharuskan adanya perpaduan antara disiplin bidang ilmu umum dan agama menjadi sebuah disiplin ilmu baru yang disebut dengan transdisipliner.

Guru besar ilmu filsafat UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah, MA dalam kuliah umum di IAIN Kendari, Senin (15/06/2015) memaparkan bagaimana proses lahirnya sebuah disiplin ilmu baru dengan memadukan minimal tiga disiplin ilmu yang berbeda.

“Sebagai contoh disiplin ilmu Biopsikospiritual sebagai hasil sintesis dari ilmu biologi, psikologi dan tasawuf. Penyatuan ketiga disiplin ilmu tersebut akan melahirkan generasi yang memiliki intelektualitas tidak tertandingi” kata mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Related Post