Tingkatkan Performa Lembaga, IAIN Perkuat SDM Pengelola Data

Super User 28-12-2015 (09:40:49) Berita 714 times

emispdpt2015

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Workshop Penguatan Data Education Manajemen Information System (EMIS) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD- DIKTI) di Ruang Rapat Rektorat IAIN Kendari, Senin (28/12/15). Workshop ini bertujuan untuk sinkronisasi penyajian data pada aplikasi EMIS yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama maupun aplikasi PD DIKTI yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi . langkah tersebut sebagai antisipasi terjadinya kesalahan data yang menyebabkan menurunnya mutu dan akreditasi lembaga pendidikan ini.

Dalam sambutannya saat membuka acara ini secara resmi, Rektor IAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd mengingatkan kepada pengelola data EMIS untuk mengedepankan ketelitian dan keakuratan dalam mengelola data-data yang dibutuhkan dalam program EMIS maupun PD – DIKTI . “Pengelolaan data jangan asal-asalan sebab data itu akan menjadi acuan bagi pengambilan kebijakan internal maupun publikasi kinerja IAIN Kendari” kata Rektor saat membuka kegiatan tersebut sekaligus membawakan materi di Ruang Rapat Senat, Senin (28/12/15).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan pengelola data di tingkat rektorat, unit dan fakultas. Ketua Panitia penyelenggara, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kendari Hj. Najmawati S.Ag mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi tentang pengelolaan data di lingkup IAIN Kendari sehingga manajemen pengelolaan data berjalan lebih baik.

Sementara itu, salah seorang pemateri dari Subdit Kelembagan Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Alip Nurhayanto mengatakan, manajemen pengelolaan data yang baik adalah sebuah keniscayaan seperti yang diamanahkan dalam undang-undang nomor 12 tahun 2012. Dalam undang-undang tersebut secara jelas menyatakan bahwa PD – DIKTI merupakan instrumen penting dalam penjaminan mutu perguruan tinggi. Selain itu, awarness dari pimpinan terhadap pentingnya data pada perguruan tinggi juga sangat diharapkan untuk mendorong terciptanya pengelolaan data yang akurat dan akuntable. Alip juga mengapresiasi kepedulian pimpinan di IAIN Kendari sehingga pengelolaan data terbilang baik dan disajikan tepat waktu. “Pada aplikasi PD – DIKTI data yang harus diisi mulai dari tahun 2009 dengan batas waktu penginputan Februari 2016 mendatang, kami berharap IAIN Kendari juga dapat memenuhi batas waktu tersebut” pungkasnya.

Sebelumnya IAIN Kendari merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang memperoleh penghargaan pengelola EMIS Semester I Tahun 2014, karena dapat menyajikan data tepat waktu dan akurat. Penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi pengeloa EMIS di lingkup IAIN Kendari untuk menghimpun dan menyajikan data yang lebih akurat dan akuntable. Data-data yang tersedia antara lain memuat informasi kemahasiswaan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, referensi pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama dalam dan luar negeri.

Sedangkan pengelolaan PD-DIKTI IAIN Kendari juga relatif baik dibandingkan perguruan tinggi Keagamaan Agama Islam lainnya. PD-DIKTI menyajikan informasi antara lain tentang distribusi dosen, jumlah mahasiswa, nilai akademik dan lain-lain. (Liv)

Related Post