TINGKATKAN MUTU SDM, KANWIL KEMENAG SULTRA GANDENG IAIN KENDARI

Lily Ulfia, SE 22-02-2016 (02:35:25) Berita 656 times

Salaman

Kendari (Humas) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara berkomitmen meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan menggandeng Institut Agama Islam Negeri Kendari dalam berbagai kegiatan pembinaan. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Kanwil Kemenag Sultra dan IAIN Kendari di aula kanwil Kemenag Sultra, Jum’at (19/02/16).

Kepala Kanwil Kemenag Sultra H. Moh. Ali Irfan, SE, MM, M.Ak usai menandatangani MoU tersebut mengatakan, kerjasama ini akan dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas guru dan pengelola madrasah, penyuluh agama, pembimbing manasik, pengelola zakat dan wakaf dan berbagai profesi lainnya di lingkup Kemenag Sultra. “MoU ini akan diperluas di tingkat kantor kemenag Kab/Kota sehingga mutu SDM di daerah dapat diseragamkan, caranya melibatkan Dosen IAIN Kendari sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan pembinaan” jelasnya. Pendampingan dari IAIN Kendari dibutuhkan baik dalam hal proses maupun manajerial.

Selain itu, Kanwil Kemenag juga akan menggandeng IAIN Kendari untuk mengembangkan desa binaan, dengan demikian dampak dari kerjasama ini juga turut dirasakan langsung oleh masyarakat. “Kita akan coba membentuk pilot project desa binaan untuk kita bina bersama-sama dengan civitas akademika IAIN Kendari”

Di lain pihak, Rektor IAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd menyambut baik rencana tersebut. “Kami memiliki Dosen sebanyak 131 orang yang bukan saja memiliki spesifikasi ilmu keagamaan, banyak dari dosen kami juga pakar ilmu exacta sampai ahli mitigasi bencana pun ada” kata Rektor.

Olehnya itu, Kanwil dapat mengajukan permintaan narasumber dengan menetapkan kriteria yang diinginkan melalui prosedur secara kelembagaan, bukan lagi secara personal. Selain itu, Rektor juga menyampaikan perhatiannya terhadap kenaikan pangkat profesi guru di lingkup kementerian agama yang terkendala dengan penerbitan karya tulis ilmiah. “Kami memiliki pusat penelitian dan penerbitan, sehingga kendala ini bisa kita atasi bersama-sama” tambahnya.

Penandatanganan MoU antara Kanwil Kemenag Sultra dan IAIN Kendari dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Alifuddin, M.Ag dan jajarannya, serta pejabat Eselon III dan IV di lingkup Kanwil Kemenag Sultra. (liv)

Related Post