Tingkatkan Mutu Dosen, Unit Pengembangan Bahasa Gelar Pelatihan TOEFL

21-09-2013 (15:29:00) Berita 770 times

Upaya peningkatan mutu dan kualitas dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari terus digalakkan. Kali ini, melalui Unit Pengembangan Bahasa, digelar Pelatihan TOEFL untuk Dosen.  Pelatihan dimulai pada Sabtu (21/9) ini diikuti oleh 45 dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.

Ketua Panitia, Fahmi Gunawan, S.S., M.Hum, menyampaikan bahwa peserta pelatihan akan melalui 18 jam pertemuan. Sesuai jadwal, 18 jam itu akan ditempuh dalam 3 kali tatap muka yang dipandu oleh para instruktur.

Sejalan dengan itu, sebagai Kepala Unit Bahasa, Fahmi Gunawan., menegaskan tujuan utama dilaksanakannya kegiatan tersebut. Di antaranya: peningkatan mutu dosen agar dapat memberikan pelayanan akademik dan non akademik dengan maksimal. Selanjutnya, untuk peningkatan keterampilan berbahasa Inggris bagi dosen agar dapat digunakan untuk keperluan melanjutkan pendidikan.

Sementara itu, Dr. H. Nur Alim, M.Pd., Ketua STAIN Kendari mengatakan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan tersebut harus dimaknai sebagai salah satu bentuk tanggungjawab dosen dalam meningkatkan soft skill. Bahasa Inggris, saat ini, merupakan kebutuhan primer. Dosen, sebagaimana ditegaskan dalam UU Guru dan Dosen, adalah profesi yang diakui dan juga sebagai ilmuwan. Dua bentuk pengakuan itu, harus ditindaklanjuti oleh dosen untuk terus memacu diri dan meningkatkan kualitas keilmuwannya. Selain itu, Nur Alim juga menyampaikan bahwa berdasarkan peraturan Menpan batas maksimal usia bagi dosen untuk melanjutkan studi itu adalah 45 tahun.

Related Post