Tingkatkan Digital Awareness, Mahasiswa KIP Kuliah IAIN Kendari Ikuti Workshop

Novi Rahmilia 08-05-2023 (01:09:36) Berita 95 times

Kendari, Humas – Sebanyak 125 mahasiswa penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah IAIN Kendari angkatan tahun 2022 mengikuti  Workshop Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi yang dilaksanakan selama dua hari, 6 -7 Mei 2023 di Aula Perpustakaan IAIN Kendari.

Wakil Rektor III Dr. H. Herman, M.Pd saat membuka kegiatan mengatakan pentingnya mahasiswa meningkatkan digital awareness sebab dunia pendidikan saat ini semakin tergantung pada teknologi informasi.

"Mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang IT akan lebih siap dan unggul dalam melakukan rutinitas harian baik dibidang akademik maupun non akademik. Melalui kegiatan ini mahasiswa penerima KIP Kuliah diharapkan dapat  meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan di era digital agar mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi, ucapnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Amin Nasir, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan IT mahasiswa penerima KIP Kuliah dalam mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan diri mahasiswa.

Pada kegiatan ini peserta diberikan materi pelatihan dari para ahli IT dan praktisi di bidang teknologi informasi. Materi yang diberikan antara lain Pelatihan Aplikasi Multimedia pada Smartphone untuk Konten Kreatif dalam Era Digital oleh Handsen, S.Kom, M.AP, Menguasai Google Workspace di Smartphone oleh Muhammad Sya’ban M. dan Pengenalan Fitur-fitur Aplikasi Perpustakaan IAIN Kendari untuk Mendukung Pencarian Informasi yang Lebih Akurat dan oleh Mamta Culkari. P, S.T.

Seluruh peserta workshop antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan berlomba dalam memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Salah seorang peserta, Khairunnisa program studi Pendidikan Agama Islam mengatakan dirinya sangat senang dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi saya pribadi yang merasa masih sangat minim pengetahuan di bidang IT. Setelah mengikuti workshop banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan sehingga semakin termotivasi untuk memanfaatkan teknologi informasi secara lebih efektif dalam pembelajaran maupun aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Hingga kegiatan berakhir, para peserta sudah mampu menggunakan Google Workspace dan mampu membuat serta mengelola konten kreatif berbasis digital.