Target Akreditasi Dinaikkan, IAIN Kendari Lakukan Simulasi Visitasi

Lily Ulfia, SE 06-12-2018 (14:38:41) Berita 372 times
Kendari, Humas - IAIN Kendari sedang mempersiapkan diri menghadapi visitasi penilaian akreditasi oleh BAN-PT setelah mengajukan borang re akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) pada september 2018 lalu. Menjelang pelaksanaan visitasi tersebut, IAIN Kendari melakukan simulasi visitasi akreditasi dengan mengundang assesor BAN-PT. Prof. Dr. Suwito, MA. 
 
Kegiatan simulasi visitasi berlangsung di Aula Perpustakaan, Kamis (6/12/18) yang dihadiri oleh pimpinan tingkat Institut, Fakultas, Lembaga dan Unit serta Tim Akreditasi. Tim ini bertugas menyiapkan dokumen borang yang terbagi dalam 7 standar.
 
Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd mengatakan, simulasi visitasi ini dalam rangka memastikan kesiapan dokumen akreditasi sekaligus menyempurnakan kekurangan yang dibutuhkan dalam proses penilaian.
 
“Tim akreditasi yang telah dibentuk telah bekerja maksimal, tetapi simulasi visitasi ini dibutuhkan untuk menyempurnakan kekurangan kita. Harapannya, nilai akreditasi kita menuju A atau minimal B,” ungkapnya.
 
Sementara itu, saat melakukan pendampingan, Prof. Dr. Suwito,MA, mengingatkan perihal kelengkapan dan kemudahan akses data yang dibutuhkan sesuai standar akreditasi.
 
“Visitasi ini tujuannya adalah untuk validasi dan verifikasi data yang di input pada aplikasi SAPTO, apakah ada kesesuaian atau justru terdapat perbedaan. Untuk itu, tim akreditasi harus bekerja maksimal menyiapkan data-data yang dibutuhkan dengan cermat dan memastikan data tersebut tidak ada manipulasi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga memberikan masukan atas kekurangan dokumen dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan proses penilaian akreditasi. 

Untuk diketahui, saat masih berstatus STAIN, perguruan tinggi ini telah memperoleh sertifikat akreditasi C. ini adalah pertamakalinya IAIN Kendari mengajukan akreditasi selama beralih status sejak tahun 2015 silam. Saat ini, sebanyak 13 Prodi dari 24 prodi di IAIN Kendari telah memperoleh nilai akreditasi B. (liv)
 

Related Post