Tak Ada Sinyal, Siswa Peminat SPAN PTKIN Bisa Daftar Manual

Lily Ulfia, SE 07-02-2018 (17:54:35) Berita 696 times
Kendari, Humas – Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  – SPAN PTKIN tahun 2018,  telah dibuka. Sejak akhir Januari lalu, pihak sekolah sudah dapat melakukan pengisian pangkalan data siswa dan sekolah melalui laman www.span-ptkin.ac.id.

Jalur masuk perguruan tinggi yang dikhususkan bagi siswa berprestasi akademik di seluruh Indonesia ini berbasis website, sehingga para siswa dapat mendaftarkan diri di daerah masing-masing asalkan memiliki akses internet. Sayangnya, layanan ini tidak berlaku bagi sekolah yang tidak memiliki akses internet terutama yang berada di pelosok Sulawesi Tenggara. Salah satunya di wilayah Kabupaten Buton Utara.

Menurut Ketua Tim Sosialisasi IAIN Kendari di wilayah tersebut,  Aliwar, mereka terpaksa memberikan pelayanan pendaftaran secara manual karena ketiadaan jaringan internet. Jaringan internet dapat diakses setelah menempuh jarak sejauh 80 kilometer dari lokasi sekolah.

“Kendala ini tidak mengurangi minat siswa siswi SMAN 1 Wakorumba Utara, mereka antusias mengisi formulir secara manual dan meminta bantuan tim sosialisasi untuk mendaftarkan ke laman SPAN PTKIN saat terbuka maret mendatang”, ungkap Aliwar.

Selain kabupaten Buton Utara, hampir semua kabupaten di wilayah kepulauan juga mengalami kendala yang sama antara lain kabupaten Wakatobi, Kabupaten Muna Barat, Buton Tengah, Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Bombana.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, tahun ini IAIN Kendari menyiapkan kuota penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur SPAN PTKIN sebanyak  1.080 orang. Tim sosialisasi telah dibentuk sesuai dengan jumlah kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tenggara. Sementara untuk informasi penerimaan baru bagi sekolah di luar Sultra, Panitia Penerimaan Mahasiswa baru masih mengandalkan sosialisasi melalui media sosial resmi IAIN Kendari, baik Facebook, Instagram maupun Twitter.

“Kami harapkan putra putri daerah yang berprestasi bisa mendaftarkan diri melalui jalur SPAN PTKIN, untuk itu kami membuka kuota 50 persen dari total kuota penerimaan maba yang kami tetapkan tahun ini yaitu sebesar 2.160 orang”, jelasnya.

Husain menambahkan, bagi mereka yang belum memenuhi syarat pada SPAN PTKIN, dapat mendaftarkan diri melalui jalur UM PTKIN, jalur mandiri dan mandiri prestasi yang akan dibuka mulai April mendatang. (liv)
 

Related Post