STAIN Kendari Terapkan OPAK Edukatif

26-03-2014 (21:40:40) Berita 784 times

Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK) merupakan agenda yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru (Maba) di Perguruan Tinggi manapun. Sebagai kampus religi, setiap tahunnya, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari juga menerapkan OPAK, bedanya dilakukan lebih edukatif, jauh dari unsur kekerasan.

"OPAK ataupun perekrutan anggota baru suatu organisasi harus ada porsinya untuk menampilkan karakternya (lembaga atau organisasi), yang saya tahun itu kecuali semisal Resimen Mahasiswa (Menwa). Hal tersebut dikarenakan memiliki pembinaan yang berstandar dibuat bersama dengan Angkatan Darat (AD) tinggal menambah sisi edukatifnya. Tetapi, fisik mental dan disiplin (FMD)nya tetap wilayah atau pada rana satuannya, artinya lebih pada penggalian potensi diri," terang Wakil Ketua III STAIN Kendari Moh. Yahya Obaid, Kamis (27/3).

Kata Dia, hal yang perlu diperhatikan bersama bahwa secara umum OPAK atau sejenisnya. Sifatnya bertujuan memperkenalkan lembaga atau organisasi perlu memahami akan fungsi pelaksanaan itu sendiri hingga digelar. Diantaranya yaitu orientasi (pengenalan), komunikatif (membangun komunikasi), normatif (memahami, menghayati dan mengamalkan aturan) serta akademis yaitu pengembangan intelektual, bakat, minat dan kepemimpinan bagi mahasiswa.

"Bukan membangun konsep junior harus patuh kepada senior, tahun-tahun sebelumnya seperti di STAIN sendiri juga masih begitu tetapi untuk 2013 hal sersebut mulai membenahi setiap aspek-aspek tertentu. Memang tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi hal tersebut harus dilakukan diskusi sesering mungkin," ungkapnya.

Related Post