STAIN KENDARI GELAR TOT KARAKTER BUILDING TRAINING

15-08-2013 (01:36:59) Berita 605 times

STAIN Kendari akan menanamkan model pendidikan karakter yang Islami kepada mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2013. Untuk mendukung, pihak STAIN Kendari menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) untuk mencetak mentor dan instruktur pembinaan pendidikan karakter yang diwarnai dengan nuansa Islam. Kegiatan itu diikuti oleh Dosen dan mahasiswa pengurus lembaga mahasiswa  yang ada di STAIN Kendari.

Wakil Ketua III STAIN Kendari, Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag mengatakan kegiatan ini adalah wujud kesadaran STAIN Kendari yang bertekad untuk menyiapkan sebuah generasi yang berkarakter Islami. "Kami berharap peserta TOT ini dapat menjadi icon dan patron bagi implementasi pendidikan karakter di STAIN Kendari sehingga karakter Islami dapat diwujudkan STAIN Kendari. Untuk itu kami menjatuhkan pilihan untuk membawa model pendidikan karakter Islam dengan bekerjasama UIN Alauddin Makassar yang melatih calon mentor dan instruktur" ungkapnya.

Wakil Direktur CBP UIN Alauddin Makassar, Dr. Mustari Mustafa mengungkapkan, kata kunci untuk memperkuat basis pendidikan karakter ini mesti berakar pada sejarah Islam utamanya tentang sejarah perjalanan para nabi, sejarah bangsa yang menceritakan perjuangan patriotisme para pahlawan melawan penjajah dan konsep perkembangan sains atau intelektual yang berkisah tentang kehidupan para penemu. "Jadi kombinasi dari ketiga tradisi inilah yang dijadikan paradigma dalam pendidikan karakter Islami," paparnya.

Related Post