STAIN BANGUN BUDAYA BERKARAKTER

25-08-2014 (07:26:46) Berita 576 times

CBC-2014Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari yang tergabung dalam lembaga kemahasiswaan mengikuti Training of Trainers (TOT) tanggal 23 s.d 24 Agustus di Auditorium kampus tersebut. Pelaksanaan Training terkait dengan persiapan untuk pelaksanaan pengenalan Mahasiswa Baru (MABA) yang akan dilaksanakan hari ini (25/8).

Para pengurus lembaga dibekali dengan pendidikan karakter di bawah pembinaan Character Building Center (CBC) STAIN Kendari. Direktur CBC, Nurdin Karim, M.Pd, menjelaskan mahasiswa di didik guna mencari format dan pola baru terkait pembentukan karakter mahasiswa khususnya merubah konsep serta orientasi MABA yang bebas dari kekerasan baik fisik maupun psikis.

Para peserta yang tentunya akan terlibat secara langsung pada proses orientasi itu, kata Nurdin dilatih guna menjadi contoh bagi yang lainnya dengan pola-pola yang bisa menjadi rujukan, seperti pendekatan humanis yang di dalamnya ada nilai pendidikan, komitmen, kreativitas, disiplin waktu hingga pribadi yang bertanggung jawab. Secara kelembagaan jika proses tersebut telah berjalan normal maka saat meninggalkan kampus atau telah sarjana akan diberikan sertifikat pendidikan karakter yang bisa dipertanggung jawabkan di lingkungan masyarakat.

“Secara pribadi tentunya diharapkan yang bersangkutan bisa mengevaluasi diri sendiri agar bisa berbenah untuk tampil memberikan hal yang terbaik bagi semua pihak sebagaimana background konsep keilmuan yang saat ini dipelajari selama kurangnya lebih empat tahun lamanya dibidang umum dan keagamaan”, tandasnya.

Sementara itu, Ketua STAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd berharap CBC bisa berperan lebih baik sebagai kontributot dan kreatif terhadap perwujudan visi dan misi STAIN. Tentunya upaya itu bisa terwujud jika stockholder khususnya lembaga kemahasiswaan belum bisa menjadi contoh dan sebuah idola atau model yang bisa diikuti oleh mahasiswa lainnya baik dari sisi integritas, prestasi.

Related Post