SSE UM-PTKIN Resmi Dibuka Oleh Menag RI, 1065 Peserta IAIN Kendari Ikuti Ujian

Novi Rahmilia 24-06-2024 (18:29:31) Berita 205 times
Kendari, Humas – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas membuka secara resmi pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN Tahun 2024, di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Senin (24/6/24). Rektor IAIN Kendari Prof Dr. Husain, M.Ag menghadiri secara langsung kegiatan tersebut. Sementara Panitia Lokal dari IAIN Kendari bersama 58 PTKIN se Indonesia dan 1 PTN hadir secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. 

Pada kesempatan tersebut, Menag menyebutkan bahwa PTKIN dapat menjadi benteng pertahanan diri generasi bangsa ditengah derasnya pengaruh arus budaya global yang tak terkendali.

“Saya memiliki optimisme yang kuat karena apa yang diajarkan di PTKIN berbeda dengan PTN secara umum,” ucapnya.

Menurutnya, distingsi ini harus dipromosikan dan disosialisasikan secara massif pada berbagai platform media dalam rangka menarik peminat. Program ini dapat melibatkan alumni dan berkolaborasi dengan sekolah atau madrasah.

"Selain itu perlu menambah program beasiswa untuk mendorong terwujudnya PTKIN sebagai destinasi pendidikan yang utama bagi masyarakat", tambah Menteri yang akrab disapa Gusmen ini.

Pada kesempatan itu, Menag juga menyapa dan meminta laporan langsung pelaksanaan SSE UM-PTKIN dari Panlok IAIN Kendari.

Ketua Panitia SSE UM-PTKIN IAIN Kendari, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si melalui virtual zoom melaporkan penyelenggaran ujian yang diikuti oleh 1.065 peserta. 

“Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 22,53 persen dari tahun sebelumnya yang hanya  825 orang. Kenaikan ini menjadi indikator keberhasilan atas sosialisasi yang telah dilakukan oleh seluruh sivitas akademika kepada masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jumarddin mengungkapkan bahwa secara keseluruhan total peminat IAIN Kendari dari seluruh Indonesia pada jalur UM-PTKIN sebanyak 2.805 orang.

“Dari 20 program studi yang tersedia, Pendidikan Agama Islam tetap menjadi prodi yang paling diminati,” ungkapnya.

Panitia akan mengumumkan kelulusan peserta ujian UM-PTKIN pada tanggal 8 Juli 2024 mendatang melalui website resmi IAIN Kendari https://iainkendari.ac.id.


Penulis: Novi Rahmilia
Editor: Lily Ulfia