Sebelum Ujian Skripsi, Mahasiswa FATIK Wajib Lulus Ujian BTQ

Lily Ulfia, SE 25-10-2017 (18:38:23) Berita 153 times
Kendari, Humas - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melaksanakan ujian Baca Tulis Alqur'an khusus bagi mahasiswa tingkat akhir yang menjelang wisuda. ujian BTQ diselenggarakan selama bulan Oktober 2017. Pihak fakultas tidak akan diizinkan mengikuti munaqasyah atau ujian skripsi sebelum lulus ujian Baca Tulis Al qur’an (BTQ).

Ketentuan ini merupakan kebijakan dekan Fakultas sebagai alat kontrol mutu bagi alumninya.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Sitti Kuraedah menjelaskan, kemampuan baca tulis Al qur’an bagi mahasiswa sangatlah penting sebab masyarakat mengidentikkan alumni IAIN Kendari sebagai pemuka agama yang memiliki wawasan keagamaan yang baik.

“Ini sebagai upaya kami menjaga marwah lembaga, kita tidak ingin ada alumni kami saat terjun di masyarakat tidak mampu membaca dan menulis Alqur’an dengan lancar dan fasih. Mudah-mudahan upaya kami ini menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus memperlancar kemampuan BTQ” ungkapnya.

Pasca pelaksanaan ujian BTQ tersebut, sejumlah mahasiswa dinyatakan tidak lulus karena belum mampu membaca dan menulis Alqur’an dengan lancar dan fasih. Mereka diikutkan dalam program pembinaan BTQ yang dilaksanakan oleh Bagian TU Fatik.

Kepala Bagian Tata Usaha Fatik, Amari menjelaskan, pembinaan ini dilaksanakan rutin setiap hari sampai mahasiswa yang bersangkutan lancar dan fasih.

“Tujuan kami mereka bisa ikut ujian akhir, karena itu kami membuka ruang pembinaan sebagai bentuk tanggung jawab lembaga terhadap mutu mahasiswa, alhamdulillah melalui pembinaan ini mereka yang sebelumnya gagal sudah dinyatakan lulus”. pungkasnya.

Sebagai calon guru, mahasiswa FATIK dituntut menjadi panutan di tengah masyarakat baik terutama dalam bidang keagamaan. FATIK saat ini diberikan mandat mengeloa 10 program studi antara lain prodi berbasis ilmu keagamaan, bahasa asing, dan sains. (liv)
 
 

Related Post