Sebanyak 1.576 Mahasiswa Baru Mengikuti PBAK IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 14-08-2019 (12:43:19) Berita 1024 times
Kendari, Humas – Sebanyak 1.576 Mahasiswa Baru IAIN Kendari mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) Tahun 2019. Kegiatan yang digelar selama empat hari, 14-17 Agustus 2019 mengusung tema Penguatan Karakter Kebangsaan melalui Nilai-nilai Keislaman di Era Revolusi Industri 4.0.

PBAK diawali dengan kegiatan upacara pembukaan yang dilaksanakan di pelataran gedung kuliah terpadu. Didampingi Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK dan Dekan Fakultas, Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd memasuki lapangan upacara yang disambut meriah oleh seluruh mahasiswa baru yang telah lebih dulu berada di lokasi upacara.

Sebelum upacara dimulai, pleton yang diberi nama dengan kata-kata pendidikan karakter menunjukkan yel-yel yang berisi seruan semangat kebangsaan sesuai dengan tema yang diusung. Gairah dan semangat tergambar dari wajah-wajah mereka yang ceria menjalani prosesi penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Pada saat memberikan amanat, Rektor IAIN mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.

“ Anda adalah generasi yang beruntung karena memilih IAIN Kendari. Kampus ini akan membimbing anda menjadi generasi yang mampu menguasai paradigma keilmuan transdisipliner sebagaimana yang dibutuhkan di masa sekarang. Selamat memasuki fase sebagai mahasiswa, gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan diri, mempersiapkan diri menjadi generasi pemimpin masa depan,” ungkapnya.

Rektor juga mengutarakan visi IAIN Kendari menjadi pusat kajian islam transdisipliner di kawasan asia pada tahun 2045. Visi ini diejawantahkan dalam setiap program dan kebijakan kampus Islam terbesar di Sultra. Kampus ini juga sedang mempersiapkan alih status dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN.

“Tidak menutup kemungkinan salah satu di antara mahasiswa baru saat ini akan menjadi dosen UIN Kendari di masa yang akan datang”, ujar Rektor.

Rektor juga menitipkan pesan moderasi beragama dan anti radikalisme. Mahasiswa IAIN Kendari harus mampu menjadi duta Islam wasathiyah yang menghargai dan menerima perbedaan sebagaimana bangsa ini ditakdirkan berbeda-beda baik suku, bahasa dan agama, namun terikat atas nilai persaudaraan dan semangat persatuan.

Usai pelaksaaan upacara, ribuan mahasiswa bersiap melaksanakan selebrasi tarian Pom-pom sebagai simbol antusiasme dan kegembiraan menjadi mahasiswa baru IAIN Kendari. Mereka juga melepaskan balon warna-warni yang berisi harapan atas cita-cita kesuksesan di masa mendatang.

Ornamen media publikasi dan perlengkapan kegiatan PBAK tahun 2019 mengusung warna warni sebagaimana keragaman masyarakat Indonesia yang tetap hidup berdampingan bagai pelangi indah yang terus hidup di nusantara.

Mahasiswa Baru IAIN Kendari diterima melalui tiga jalur seleksi dengan rincian sebagai berikut Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SAN PTKIN sebanyak 277 orang, jalur Ujian Masuk atau UM PTKIN sebanyak 755 orang dan jalur Ujian Mandiri sebanyak 544 orang. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya dimana jumlah mahasiswa sebanyak 1.315 orang. (liv)
 
 

Related Post