Sebanyak 1.108 Mahasiswa IAIN Kendari Ikuti Pembekalan KKN Tahun 2024

Novi Rahmilia 29-06-2024 (17:43:12) Berita 576 times
Kendari, Humas - Sebanyak 1.108 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Ballroom Gedung Multimedia, Sabtu (29/6/24). Tema yang diangkat adalah Penguatan Moderasi Beragama, Pencegahan Stunting, dan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal.

Kegiatan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Kepala SPI, Ketua LPPM, Ketua LPM, Dosen Pembimbing, seluruh panitia, serta mahasiswa peserta KKN Tahun 2024.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Abdul Kadir, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa KKN tahun ini diikuti oleh 1.108 mahasiswa yang terdiri dari tiga jenis KKN.

"Untuk KKN Nusantara, sebanyak 3 mahasiswa akan ditempatkan di Kuningan, Jawa Barat.  KKN Kerjasama yang diikuti oleh 10 mahasiswa akan dilaksanakan di Malili, Sulawesi Selatan. Sementara itu, sebanyak 1.095 mahasiswa lainnya akan mengikuti KKN Reguler yang tersebar di tiga Kabupaten di Provinsi Sultra antara lain Wakatobi, Konawe, dan Konawe Utara," jelasnya.

Wakil Rektor I, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa KKN adalah kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk terjun langsung dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

“Buatlah program kegiatan yang sesuai dengan karakteristik wilayah dan sosial masyarakat di lokasi KKN masing-masing. Berikan yang terbaik untuk masyarakat, jadilah peserta teladan, dan jaga nama baik IAIN Kendari dimanapun kalian berada,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Dr. Syamsuddin, M.Pd menjelaskan bahwa program kegiatan mahasiswa harus berorientasi pada tema yang telah ditetapkan.

“Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan antara lain pembentukan kelompok usaha ekonomi kreatif berbasis potensi lokal, digitalisasi layanan desa, promo wisata lokal, smart market produk lokal, dan lainnya,” jelasnya.

Syamsuddin menambahkan, para peserta KKN juga diwajibkan membuat buku dan artikel pengabdian untuk didaftarkan pada International Standard Book Number (ISBN).

Untuk diketahui, KKN Reguler IAIN Kendari akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli - 18 Agustus 2024, KKN Nusantara dimulai tanggal 15 Juli – 31 Agustus, dan KKN Kerjasama masih menunggu jadwal dari LPPM IAIN Palopo selaku tuan rumah pelaksana kegiatan.


Penulis: Novi Rahmilia 
Editor: Lily Ulfia