Safari Ramadhan, Rektor Ajak Masyarakat Tidak Ikut Sebarkan Hoax

Lily Ulfia, SE 23-05-2019 (12:01:52) Berita 205 times

Kendari, Humas – Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang penuh keberkahan, rahmat dan ampunan bagi umat muslim di dunia. Di bulan ini, umat muslim melaksanakan ibadah rutin seperti shalat tarawih berjama’ah sekaligus menjadi ajang silaturrahmi melalui kegiatan kolektif seperti berbuka puasa bersama.

Di Indonesia, bulan ramadhan juga menjadi sarana bagi pemerintah maupun para pengambil kebijakan publik untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat dalam rangka menghimpun aspirasi masyarakat sekaligus memberikan pencerahan informasi baik yang bersifat keagamaan maupun kehidupan sosial lainnya.  

Pada bulan ramadhan kali ini, IAIN Kendari ikut melaksanakan safari ramadhan sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi salah satu sarana silaturrahmi pimpinan IAIN Kendari dengan masyarakat.
Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd bersama jajarannya melaksanakan safari ramadhan di sejumlah masjid di kota Kendari dan Konawe Selatan. Rabu malam, (22/5/19) Masjid Nurul Jannah kelurahan Lapulu kecamatan Abeli, kota Kendari menjadi obyek safari ramadhan yang perdana.

Di tempat itu, Rektor didampingi Wakil Rektor I Dr. Husain Insawan, M.Ag., Wakil Rektor II Dr. Batmang, M.Pd., para Dekan Fakultas, Ketua Lembaga dan Kepala Satuan Pengawas Internal.
Oleh pengurus masjid, Wakil Rektor I didaulat memimpin Sholat Isya Berjama’ah, sedangkan Wakil Rektor II menjadi  imam pada Sholat Tarawih berjama’ah. Usai Sholat Isya berjama’ah, kegiatan diisi dengan ceramah agama oleh Rektor IAIN Kendari. Rektor menyampaikan ceramah tentang keutamaan beberapa ibadah selama bulan ramadhan.

“Allah Swt memberikan ganjaran surga bagi orang-orang beriman dan bertaqwa yang senantiasa mengisi lisannya dengan membaca Al Qur’an, menghindari perkataan tercela, tetapi untuk realitas masa kini tidak saja lisan yang wajib kita jaga melainkan jari jemari kita terutama bagi pengguna platform media sosial. Marilah menjaga diri kita dari kebiasaan menyebarkan hoax, fitnah yang menimbulkan keresahan di tengah masyarakat”, paparnya.

Dia melanjutkan, perbuatan lainnya yang juga tak kalah mulianya disisi Allah adalah menyiapkan sajian makanan berbuka kepada mereka yang berpuasa, dan yang terakhir adalah mereka yang menjalankan ibadah puasa dengan penuh keihklasan dan disertai ketaqwaan yang tinggi.   

Momentum safari ramadhan juga dimanfaatkan oleh Rektor untuk mensosialisasikan peran IAIN Kendari dalam pembinaan keagamaan serta perkembangan layanan pendidikan. Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja IAIN Kendari kepada publik mengingat kampus ini adalah kampus negeri yang menjadi milik bersama masyarakat di daerah ini.

“Kami membina ribuan mahasiswa agar mampu menghadapi masa depan dengan segala tantangannya, tidak lupa mereka dibekali ilmu agama yang akan dimanfaatkan di tengah masyarakat. Harapan kami mereka akan hadir di mimbar-mimbar seperti ini dan menyampaikan pesan Islam rahmatan lil’alamin yang bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat”, tutupnya.

Kegiatan Safari Ramadhan berlangsung selama lima hari 22 -26 Mei 2019. Beberapa masjid yang akan dikunjungi antara lain Masjid Babussalam Waombalata kota Kendari, Masjid Nurul Misbah di desa Konda I Konawe Selatan, serta Masjid Nurul Falah Puuwatu, Kendari. (liv)
 

Related Post