Resmi Ditutup, Inilah Hasil PW PTK XIV di Riau

Lily Ulfia, SE 10-05-2018 (20:43:44) Berita 439 times

Kendari, Humas – Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV se Indonesia yang digelar di UIN Sultan Syarif Kasim Riau,
hari ini resmi ditutup oleh Rektor UIN Suska Riau Prof. Munzir Hitami. Upacara Penutupan yang digelar di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau, Kamis (10/5/18) dihadiri sejumlah pejabat lingkup Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Wakil Rektor/Wakil Ketua PKIN serta perwakilan dari Kwartir Daerah Provinsi Riau.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Syafriansyah mengatakan, secara umum ada tiga kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan PW PTK XIV s Indonesia antara lain kegiatan perkemahan, kegiatan Bakti dan kegiatan Penunjang. Keseluruhan kegiatan tersebut telah terselenggara dengan baik.

Kegiatan perkemahan antara lain diisi dengan kegiatan ibadah, olahraga dan pengembangan wawasan seperti pengenalan media sosial, workshop teknik fotografi serta workshop pembuatan blog dan vlog. Sedangkan kegiatan Bakti Karya di lokasi homestay antara lain pembangunan taman payung, pembuatan gazebo dan spot selfie. Kegiatan ini dalam rangka membangkitkan perekonomian desa melalui penataan ikon wisata agar lebih menarik dan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Riau pada umumnya.

Kegiatan yang ketiga adalah kegiatan penunjang antara lain ethno carnaval, festival kuliner nusantara dan pentas seni budaya nusantara. Kegiatan yang menampilkan budaya nusantara dari sabang hingga merauke ini dinilai telah sukses menarik perhatian masyarakat kota Pekanbaru.

Selain hal diatas, PW PTK XIV juga menghasilkan rekomendasi pembentukan Satuan Karya Amal Bhakti untuk pembinaan kegiatan kepramukaan di lingkungan Kementerian Agama.

“Atas nama panitia penyelenggara kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak berpartisipasi mensukseskan PW PTK XIV terutama UIN Suska Riau selaku taun rumah dan Pemerintah Provinsi Riau”, tutupnya.  

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Kendari, Moh. Yahya Obaid mengaku mengapreasiasi upaya tuan rumah UIN Suska Riau dalam menyelenggarakan PW PTK XVI dengan lancar dan sukses sesuai schedule yang telah dibuat.

“Dengan segala dinamika yang ada, UIN Suska Riau telah berhasil sukses menyelenggarakan kegiatan PW PTK XIV”, ungkapnya.

Ia berharap, sejumlah rekomendasi yang dihasilkan pada kegiatan PW PTK terutama terkait pembentukan saka amal bhakti dan kurikulum kepramukaan dapat direalisasikan dalam rangka memajukan gerakan kepramukaan dilingkungan PTK.

PW PTK diikuti oleh 1.500 anggota pramuka Pandega dari 57 PTKIN termasuk IAIN Kendari, 12 Perguruan Tinggi Umum, Perguruan Tinggi Keagamaan Non Islam dan sejumlah anggota pramuka luar negeri. Kegiatan ini ditutup dengan penampilan tari piring dari UIN Imam Bonjol Padang dan tari Ulat Sagu persembahan STAIN Sorong.


Rektor UIN Suska Riau juga berkenan menyerahkan piagam penghargaan bagi para pemenang pada kegiatan Ethno Carnaval, Devile Kontingen, Festival Kuliner Nusantara, Aktifitas Media Sosial, Desain Photo booth dan Pentas Seni Nusantara.

PW PTK akan kembali digelar dua tahun mendatang dengan nominasi tuan ruma antara lain UIN Palembang, UIN Bandung, UIN mataram dan IAIN Purwokerto. (liv)
 
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 10-05-2018 (20:50:43)
  • Lily Ulfia, SE 10-05-2018 (20:52:47)

Related Post