RELO Tawarkan Program ELTT Bagi Dosen dan Mahasiswa IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 28-02-2023 (15:35:17) Berita 805 times
Kendari, Humas – Kantor Bahasa di Bawah Kementerian Pendidikan USA, Regional English Language Office (RELO) menawarkan program  English Language Teacher Training (ELTT) bagi dosen dan mahasiswa IAIN Kendari. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengajaran bahasa inggris di lingkungan perguruan tinggi.

Direktur RELO Rick Rosenberg menyampaikan rencana implementasi program tersebut kepada Rektor saat berkunjung ke IAIN Kendari. Dia menjelaskan, Program English Language Teacher Training (ELTT) terdiri dari beberapa kegiatan antara lain pelatihan secara virtual dan program training bagi dosen dan mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI). Program ini akan mempertajam kemampuan berbahasa Inggris melalui buku elektronik dan video pembelajaran.

“Dengan adanya program training ini maka dosen pengajar atau mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya mahasiswa prodi bahasa Inggris mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Agar lebih efisien, program ini dapat diikuti secara virtual,” Kata Rick di ruang kerja Rektor, Senin (27/02/2023).

Merespon hal tersebut, Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengaku akan menindaklanjuti penawaran itu dan meminta pihak Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk menyiapkan SDM dan kebutuhan lain untuk mendukung pelaksanaan program dimaksud.

“Kami sangat senang saat bisa bekerjasama kembali dengan RELO yang telah memberikan manfaat bagi peningkatan mutu IAIN Kendari. Semoga program ELTT ini bisa segera kita laksanakan secepatnya dan diikuti dengan program lainnya,” ungkap Rektor.
 
Usai bertemu Rektor, Rick juga melanjutkan kunjungan ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk menyampaikan detail teknis pelaksanaan Program ELTT. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Dr. Masdin, M.Pd menanggapi positif dan mengaku akan menyiapkan kebutuhan teknis untuk implementasi dari program tersebut.
 
Sebelumnya, RELO dan IAIN Kendari telah bekerjasama melalui pelaksanaan program Fellowship pada tahun 2018. RELO mendatangkan seorang Dosen Tamu dari Amerika Serikat, Mr. Sean yang bertugas di IAIN Kendari selama satu tahun. Mr. Sean melaksanakan aktifitas pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa prodi Tadris Bahasa Inggris dan prodi lainnya yang membutuhkan pendampingan. (Liv/M2)
.
Kontributor : Adrian Saputra