Rektor IAIN Kendari Tampil Sebagai Pembicara di AICIS ke 19

Lily Ulfia, SE 02-10-2019 (13:11:07) Berita 187 times
Jakarta, Humas – Rektor Institut Agama Islam Negeri Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd tampil sebagai salah satu pembicara pada on Stage Discussion yang membahas topik Islamic Higher Education (IHE)’s Response to The Era of Disruption atau respon pendidikan tinggi islam terhadap era disrupsi.

On Stage Discussion digelar usai pembukaan kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke 19 di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Selasa (1/10/19).

Pada kesempatan ini, Prof. Faizah memaparkan formula penting yang perlu diterapkan dalam kurikulum pendidikan tinggi islam yaitu spiritual imun. Spritual imun berisi nilai positif spiritual yang mampu mendukung generasi Islam untuk memenangkan persaingan di era disrupsi.

Aspek penting spiritual imun antara lain adalah memberikan motivasi kepada mahasiswa agar menanamkan sikap tekun dalam mengasah kemampuan dan kreatifitas serta inovasi sebagai modal utama menghadapi era digital.

Hal lainnya adalah menjalin komunikasi intens antara dosen dan mahasiswa agar mampu menyelesaikan persoalan yang dialami secara bersama-sama sehingga menghindari benturan horizontal yang berdampak buruk pada kestabilan sosial.

Aspek terakhir, menurut guru besar bimbingan konseling ini, perguruan tinggi perlu menerapkan aktifitas bimbingan konseling dalam rangka membantu mahasiswa menemukan sisi positif dirinya agar mampu mengembangkan potensi mencapai prestasi yang diinginkan.

“Tiga hal ini apabila diimplementasikan akan mampu membentuk generasi islam yang cerdas, kuat secara mental dan spiritual dan memiliki ketahanan diri dalam menghadapi era disrupsi yang menuntut manusia mampu menangkap dan menciptakan peluangnya sendiri di tengah gempuran teknologi digital yang mengedepankan sistem otomasi mesin dibandingkan manusia,” jelasnya.

Rektor IAIN Kendari menjadi narasumber bersama Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Ponorogo, IAIN Metro Lampung, IAIN Bukittinggi, dan Ketua STAIN Meulaboh.

AICIS ke 19 akan berlanjut hingga 4 Oktober 2019 pada beberapa sesi diskusi diantaranya special panel yang menghadirkan keynote speaker antara lain Peter Mandeville (George Mason University, Virginia USA), Garry R. Bunt (University of Wales), dan Abdul Majid Hakemollahi (ICAS London). (Liv)
 
 

Related Post