Rektor IAIN Kendari Luncurkan Buku Spektrum Konseling Islam

Lily Ulfia, SE 20-11-2021 (17:28:00) Berita 64 times
Kendari, Humas – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd meluncurkan buku yang berjudul “Spektrum Konseling Islam” yang digelar di hotel Horison Kendari, Sabtu (20/11/2021).
Rektor, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd saat memberi sambutan mengungkapkan bahwa buku tersebut ditulis atas kegelisahannya tentang masih minimnya buku yang membahas tentang bimbingan konseling Islam di Indonesia.

Melalui buku tersebut Prof. Faizah mengajak pembaca untuk memahami konsep konseling dalam perspektif Islam agar mampu memberi problem solving  yang berlandaskan Islam atas problematika hidup yang kian kompleks saat ini.

“Implementasi nilai Islam dalam bimbingan konseling dapat mengembangkan potensi akal pikiran, kejiwaan, keimanan dan keyakinan serta dapat menangani problematika hidup secara benar dan mandiri yang berparadigma Al-Qur’an dan sesuai Sunnah Rasulullah SAW.,” ucapnya.

Sementara itu, Guru Besar Psikologi Islam Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag, M.Si yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa buku ini patut menjadi pilihan bacaan penting sebagai referensi akademis yang komprehensif.

“Buku ini dapat dijadikan acuan oleh para akademisi dan praktisi konseling dalam mengimplementasikan praktek konseling yang relevan dengan kondisi sosio-psikologis masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam,’ ucapnya.

Dengan Konsep bimbingan Konseling Islam, setiap individu diharapkan mampu untuk mengenali dirinya sendiri, menyusun progress perencanaan kegiatan untuk pengembangan karir, mengembangkan potensi diri seoptimal mungkin, mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta mampu mengatasi problem dengan menjadi pribadi yang bertaqwa, mandiri, dan bertanggung jawab.

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Rektor Universitas Mandala Waluya, Ketua Senat, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Para Pejabat Fungsional, serta Mahasiswa IAIN Kendari.
 
Penulis : Novi Rahmilia
 

Related Post