Rektor IAIN Kendari Lepas Peserta KKN Tahun 2024

Novi Rahmilia 02-07-2024 (15:05:21) Berita 588 times

Kendari, Humas - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag melepas pemberangkatan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pelataran Rektorat IAIN Kendari, Selasa (2/7/2024). 

Dalam sambutannya, Prof. Husain menekankan agar peserta KKN menjaga etika diri, pergaulan dan citra lembaga IAIN Kendari selama berada di lokasi KKN. Dirinya menyampaikan ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan mahasiswa selama enam semester menjadi bekal untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. 

"Silahkan implementasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan selama ini di kampus kepada masyarakat. KKN ini menjadi momentum bagi Anda untuk mengasah dan menunjukkan empati serta kepedulian terhadap isu-isu peningkatan kapasitas masyarakat," katanya. 

Prof. Husain juga mengungkapkan target KKN kali ini mesti menghasilkan produk dengan memanfaatkan dan memperdayakan potensi lokal sebanyak-banyaknya. 

"Bina masyarakatnya agar mampu memproduksi sendiri  untuk meningkatkan pendapatan mereka. Expo KKN tahun ini harus menghasilkan produk internasional," ucapnya. 

Prof. Husain juga berharap peserta KKN memanfaatkan digitalisasi yang menjadi salah satu program utama IAIN Kendari untuk penyebaran informasi pengembangan desa. 

"Buat media sosial desa untuk membuka informasi pariwisata dan hal menarik tentang desa. Ini era digital silahkan manfaatkan platform yang ada," pungkasnya. 

Sementara itu Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Dr. Syamsuddin, M.Pd mengungkapkan dalam KKN kali ini sebanyak 1.095 mahasiswa akan mengikuti KKN Reguler yang tersebar di tiga Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain Wakatobi, Konawe, dan Konawe Utara. 

"Untuk total posko ada 150 dengan rincian, Kabupaten Wakatobi 41 posko, Kabupaten Konawe Utara 80 posko dan Kabupaten Konawe 30 posko," katanya. 

Penerimaan mahasiswa KKN di Konawe Utara akan dilaksanakan di kantor Bupati pada Kamis Siang, 4 Juli 2024.