Usai Dikukuhkan, Rektor IAIN Kendari dan Jajaran Pengurus KDEKS Sultra Terima Arahan Dari Wapres RI

Novi Rahmilia 21-03-2024 (14:00:27) Berita 210 times
Kendari, Humas – Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag beserta sejumlah pejabat daerah provinsi Sulawesi Tenggara dikukuhkan secara resmi sebagai pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sultra Tahun 2023 – 2025, di Hotel Claro Kendari, Kamis (21/3/24).

Pengukuhan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Saat memberikan arahan, Wapres mengungkapkan fakta bahwa Sulawesi Tenggara terkenal dengan kekayaan alamnya termasuk nikel, aspal, pertanian, perikanan, dan wisata bahari. Ia menegaskan bahwa kekayaan tersebut harus dikelola dengan prinsip syariah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Prinsip ekonomi syariah yang mengedepankan keadilan, inklusifitas, universalitas, pemerataan kesejahteraan, serta menjaga keberlangsungan lingkungan adalah sebuah solusi untuk mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ucapnya.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah membutuhkan langkah penguatan ekosistem dan infrastruktur ekonomi syariah dari pusat hingga ke daerah salah satunya melalui pembentukan KDEKS.

“Jadi KDEKS ini perpanjangan tangan dari KNEKS sehingga menjadi bagian penting dalam penguatan ekonomi nasional. Melalui KDEKS, prinsip-prinsip kebaikan ekonomi syariah akan semakin membumi, dan menjadi bagian dari gerak pembangunan ekonomi di berbagai daerah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto berharap agar seluruh pihak dapat bekerjasama untuk mewujudkan visi ekonomi syariah yang inklusif dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat sultra, serta berkontribusi untuk ketahanan ekonomi nasional.

“Kami mengajak berbagai pihak, baik sektor swasta, akademisi, masyarakat, khususnya komunitas dilingkungan masjid, pesantren dan UMKM untuk berperan aktif dalam mendukung peningkatan pengembangan ekonomi syariah di Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag setelah dilantik menyampaikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan seluruh pengurus KDEKS serta stakeholder lainnya. Menurutnya, sinergi yang baik antar berbagai pihak akan mempercepat pertumbuhan ekonomi syariah sebagaimana yang diharapkan.
 
 
Penulis: Novi Rahmilia
Editor: Lily Ulfia