Rakor dan FGD Warek III PTKIN Wilayah se Indonesia Timur di Kendari Bahas Persiapan Pelaksanaan POROS INTIM Tahun 2023

Novi Rahmilia 25-02-2023 (09:43:51) Berita 803 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Focus Group Discussions (FGD) Forum Wakil Rektor dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Wilayah se Indonesia Timur. Kegiatan ini digelar di Hotel Claro Kendari selama 3 hari, 23 – 25 Februari 2023.

Ketua Forum Warek dan Waket III PTKIN Wilayah se Indonesia Timur Prof. Dr. Darussalam, M.Ag mengatakan FGD dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga, Riset Ornamen dan Seni Indonesia Timur (POROS INTIM) yang akan digelar di UIN Mataram pada Juli 2023 mendatang.

"Kegiatan POROS INTIM yang akan dihelat di UIN Mataram adalah yang ketiga setelah UIN Makassar dan IAIN Gorontalo,” tuturnya.

Pada forum ini dibahas mengenai berbagai cabang lomba dari bidang olahraga, riset dan seni serta petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan. Beberapa cabang lomba dipilih untuk dipertimbangkan sebagai cabang yang akan dipertandingkan pada POROS INTIM Tahun 2023.

“Setelah UIN Mataram, event yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini direncanakan akan dihelat di IAIN Kendari,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kendari Dr. H. Herman, M.Pd.I menyampaikan bahwa Rakor dan FGD ini dihadiri oleh Warek III, Waket III, Kabag dan Koordinator bidang Kemahasiswan pada PTKIN Wilayah se Indonesia Timur.

“Melalui forum ini kita berharap agar sinergitas dan silaturahmi antar PTKIN Wilayah se Indonesia Timur selalu terjaga. Saat ini IAIN Kendari telah menjadi tuan rumah pelaksanaan FGD dan selanjutnya IAIN Kendari pun siap jika ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan POROS INTIM pada 2025 mendatang,” jelasnya.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd memberi apresiasi atas terlaksananya Rakor dan FGD tersebut dan mengungkapkan harapannya terkait pelaksanaan POROS INTIM tahun 2023.

“Selain untuk menjalin silaturahmi, FGD ini juga menjadi wadah untuk saling menguatkan antar PTKIN khususnya yang berada di Wilayah Indonesia Timur. Melalui FGD ini diharapkan hadirnya program kegiatan kemahasiswaan yang inovatif dan kreatif untuk mendukung peningkatan kualitas SDM dan mutu institut,” harapnya.

Selain mengikuti Rakor dan FGD terkait persiapan pelaksanaan Poros INTIM, seluruh peserta kegiatan Forum Warek dan Waket III PTKIN Wilayah se Indonesia Timur juga menghadiri undangan Gala Dinner dari PJ Walikota Kendari Asmawa Tosepu A.P, M.Si di RM Kampung Bakau Kendari sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap kegiatan tersebut. (nov/liv)