PW PTK Se- Indonesia Siap Digelar di Bumi Perkemahan Sultan Qaimuddin Kendari

Lily Ulfia, SE 24-02-2016 (03:11:41) Berita 780 times

Sekretariat PW

Kendari (Humas) - Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan ke XIII se-Indonesia siap digelar di bumi perkemahan Sultan Qaimuddin IAIN Kendari pada tanggal 15 – 22 Mei mendatang.  Penetapan lokasi tersebut disampaikan Direktur Jenderal Penddidikan Islam, Prof. Dr.Phil.Kamaruddin Amin, MA melalui surat resmi nomor Dj.I/Ks.01.1/327.A/2016 tertanggal 15 Februari 2016. Penetapan bumi perkemahan ini melalui beberapa pertimbangan dengan berdasarkan survey yang telah dilakukan tim Kwarnas, Waslitev dan Direktorat Pendidikan Islam antara lain tersedianya sarana dan prasarana kegiatan seperti Gedung Serba guna, Lapangan Upacara dan Asrama Mahasiswa. Selain itu akses ke berbagai tempat kegiatan bakti sosial seperti home stay peserta perkemahan yang berada di kecamatan konda dan lokasi rekreasi mudah dijangkau.  

Menindaklanjuti keputusan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana Dr. H. Moh. Yahya Obaid, MA menggelar rapat yang dihadiri oleh ketua-ketua bidang pada event perkemahan dua tahunan ini. Dalam rapat tersebut, seluruh ketua bidang telah mengidentifikasi kebutuhan peserta perkemahan dan memastikan agar kehadiran mereka di bumi anoa mendapat pelayanan yang baik mulai dari kedatangan hingga kepulangan mereka ke daerah masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana yang menjabat sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Kendari tersebut Drs. Khaeroni, M.Si mengaku tengah mempersiapkan penataan lokasi perkemahan dengan menyusun desain 3 dimensi yang akan dipresentasikan di Kementerian Agama pada Maret mendatang. Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi secara intens dengan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota Kendari dalam rangka mempersiapkan seluruh kebutuhan perkemahan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani dan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. “Acara yang akan kita helat ini cukup besar dan dihadiri oleh pejabat negara, untuk itu keterlibatan pemprov dan pemkot sangat kami harapkan demi kelancaran seluruh kegiatan yang ada” harapnya.

Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tenggara dan Walikota Kendari telah menyatakan mendukung pelaksanaan event nasional ini yang akan memberikan multiplier effect bagi kegiatan ekonomi di daerah ini.

Perkemahan Wirakarya PTK ke XIII se-Indonesia akan diikuti oleh sekitar empat ribu orang yang terdiri dari  55 Racana PTKIN, 20 Racana PTA, dan 12 Racana PTU se Sulawesi Tenggara. Perkemahan ini juga akan melibatkan ambalan dari MA/SMA sederajat serta wakil dari 6 negara ASEAN. (liv)

Related Post