PSGA Ajak Orang Tua Mendidik Dengan Cara Positif

Super User 26-10-2015 (10:26:45) Berita 751 times

GenderKendari (Humas) - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) IAIN Kendari mengajak orang tua di lingkungan lembaga ini untuk mendidik anak melalui pendekatan psikologi positif. Cara positif adalah dengan tidak melakukan tindakan yang melukai perasaan anak. Untuk membahas lebih jauh cara mendidik anak ini PSGA menyelenggarakan workshop keorang tuaan selama dua hari, 25-26 Oktober 2015 di kantor LP2M IAIN Kendari.

Dalam acara tersebut, PSGA menghadirkan pakar pendidikan anak dari Universitas Diponegoro Dra. Hj. Darosi Endah, M.Pd yang menekankan bahwa setiap anak memiliki sisi positif. Orang tua bertugas memberikan motivasi dan dukungan untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensi yang ada dalam dirinya. Hukuman diberikan pada anak hanya untuk tujuan mendidik kedisiplinan dan dilakukan secara konsisten serta tidak berupa hukuman fisik atau menyerang pribadi anak karena akan berpengaruh terhadap jiwa dan kepribadiannya.

Kepala PSGA IAIN Kendari, Dr. Rosmayasari mengatakan, sasaran dari kegiatan tersebut adalah dosen, karyawan dan mahasiswa yang telah menjalani peran sebagai ibu. Keterlibatan mereka dalam workshop yang dilaksanakan di kantor PL2M Kendari ini diharapkan akan menjadi embrio bagi ibu-ibu yang lain di lingkungan IAIN Kendari untuk menjalankan pendidikan positif kepada anaknya. “Kita memulai dari ibu-ibu di lingkungan kampus, harapannya mereka bisa mendapat bekal mengenai pola asuh anak yang benar dan menyebarkan kepada orang lain baik di dalam keluarga maupun di tengah masyarakat” harap Doktor lulusan UI ini.

Rosmayasari juga menambahkan, pola asuh anak tidak terlepas dari kaidah-kaidah agama yang sebagaimana yang terkandung dalam Islamic parenting. Agama menjadi pondasi utama dalam pendidikan anak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang mengedepankan ajaran agama sebagai tuntunan dalam meraih masa depan. (Humas)

Related Post