Prodi Perbankan Syari’ah FEBI Raih Akreditasi B

Lily Ulfia, SE 01-08-2019 (15:02:34) Berita 103 times
Kendari, Humas – Program Studi Perbankan Syariah (PBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meraih peringkat akreditasi B dengan perolehan nilai 335. Penetapan ini tertuang dalam keputusan BAN PT No. 2804/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019  tanggal 31 Juli 2019.

Predikat akreditasi prodi PBS dikeluarkan setelah tim asesor BAN PT Dr. Agus Purwanto SE, M.Si, Akt dari Universitas Diponegoro dan Dr. Naqiyah, M.Ag dari IAIN Purwokerto melakukan asesmen lapangan pekan lalu, Jum’at (25/7/19).

Atas pencapaian ini,  Dekan FEBI Dr. Rusdin Muhalling, ME mengaku cukup puas atas hasil yang diperoleh. Dia mengatakan, pencapaian akreditasi tersebut tidak terlepas dari semangat dan kerja keras tim akreditasi perbankan syariah yang telah melengkapi dokumen sejak pengajuan borang akreditasi hingga saat pelaksanaan asesmen lapangan.

“Skor yang kita capai sudah hampir mencapai nilai A, kurang 26 point. Ini menjadi motivasi untuk kita membenahi kekurangan agar hasil akreditasi di masa yang akan datang semakin baik sesuai yang kita harapkan,” jelasnya.

Untuk mempersiapkan akreditasi PBS, FEBI membentuk tim akreditasi yang terdiri dari unsur pimpinan, Dosen dan Pegawai di lingkup FEBI. Selain itu, mantan Dekan FEBI periode 2015-2019 Dra. Beti Mulu, M.Pd.I juga berperan dalam mengawal proses akreditasi tersebut .

Tim ini akan kembai bekerja dalam waku dekat untuk mempersiapkan re akreditasi program studi Ekonomi Syariah yang sebelumnya telah memperoleh akreditasi B.

“Mudah-mudahan saat akreditasi ESy kita bisa meraih nilai A dengan persiapan yang lebh matang lagi dalam memenuhi standar akreditasi 9 kriteria,” tambah mantan Wakil Dekan II FEBI itu.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Husain Insawan, M.Ag yang ikut mendampingi selama proses visitasi lapangan mengakui jika tim FEBI sangat solid dan mampu menyiapkan instrumen yang diperlukan untuk penilaian akreditasi proogram studi.

"Kerja tim yang baik seperti di FEBI ini patut ditiru karena menjadi kekuatan dalam menghadapi proses akredtas, semoga untuk re akreditasi prodi berikutnya hasilnya lebih memuaskan,” ungkapnya.

Prodi perbankan Syariah sebelumnya telah terakreditasi dengan nilai akreditasi C pada Januari 2017. Peningkatan akreditasi turut mempengaruhi kepercayaan publik terhadap jaminan mutu pendidikan pada prodi yang membina mahasiswa calon profesi bankir itu. (liv)
 

Related Post