POLDA Sultra Jalin Kemitraan dengan IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 05-02-2016 (05:04:17) Berita 555 times

Rektor-Wakapolda web

Kendari (Humas) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dan Institut Agama Islam Negeri Kendari sepakat menjalin kerjasama dalam bidang partisipasi pengembangan ilmu pengetahun dan teknologi, serta keamanan dan ketertiban masyarakat bangsa dan negara yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di Kampus IAIN Kendari, Rabu (03/02/16). Penandatanganan tersebut merupakan bentuk komitmen dari kedua belah pihak dalam menciptakan harmoni di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kerjasama tersebut merupakan sebuah keniscayaan terutama dalam menciptakan kemaslahatan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara. Pihak IAIN Kendari bersedia bekerjasama dengan sumber daya yang ada baik dari mahasiswa maupun dosen untuk menciptakan keamanan dan ketertiban melalui berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi. “Kami memiliki 3000 lebih mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di pelosok Sulawesi Tenggara, mereka dapat menjadi pilar terdepan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keharmonisan hubungan antara sesama manusia, inilah pentingnya bersinergi dengan Polda Sultra agar tujuan membangun masyarakat yang aman dan damai dapat terwujud” kata Rektor.

Ia menambahkan, IAIN Kendari dapat melahirkan generasi yang berkualitas dalam membangun masyarakat di berbagai bidang, terbukti salah seorang alumni IAIN kendari menjadi satu-satunya wakil dari Sultra yang lolos dalam seleksi Inspektur Polisi Khusus Penyidik. Selain itu, kiprah dosen IAIN Kendari dalam kegiatan pengabdian masyarakat juga membawa misi perdamaian, menciptakan masyarakat yang islami dan mencintai perbedaan. “Polda Sultra dapat melibatkan kami dalam berbagai program pembinaan masyarakat, sebaliknya IAIN Kendari juga membutuhkan Polda Sultra terutama dalam mengembangkan wawasan kebangsaan dan strategi kemanan dan ketertiban kepada masyarakat” tambahnya.

Penandatanganan MoU tersebut dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang dibawakan oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara Kombes. Pol. Drs. Razali, SH. Dalam kuliah umum tersebut, Wakapolda memaparkan strategi Kepolisian dalam mengemban tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Sejumlah strategi yang dijalankan Polda Sultra antara lain dengan menempatkan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Bhabinkamtibmas menjadi garda terdepan polri dalam melakukan tindakan preemtif seperti pencegahan dini terhadap hal-hal yang mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu Polri juga membangun kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan profesionalitas serta kemitraan dalam upaya pencegahan. “Kemitraan IAIN Kendari  dan Polda Sultra akan menjadi pijakan bagi kami untuk melibatkan pihak IAIN Kendari antara lain sharing knowledge dengan anggota Bhabinkamtibmas dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan dengan pendekatan-pendekatan keagamaan melalui ceramah dan dakwah di tengah masyarakat” jelasnya. Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan ini, kemitraan IAIN Kendari dan Polda Sultra akan terjalin dalam berbagai kegiatan baik akademik, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Wakapolda Sultra hadir mewakili Kapolda Sultra yang sedianya akan hadir. Kapolda Sultra, Brigjen. Pol. Drs. Agung Sabar Santoso, SH, MH batal hadir dikarenakan mendapat instruksi untuk mengikuti video converence dengan Kapolri. Wakapolda hadir di kampus IAIN Kendari didampingi sejumlah pejabat utama Polda Sultra. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, pejabat fungsional dan struktural di lingkup IAIN Kendari serta mahasiswa.  

Related Post