Plenary Session IOSIE 2024 IAIN Kendari Bahas Perekonomian Global Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam

Novi Rahmilia 06-03-2024 (16:36:33) Berita 363 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjadi pusat perhatian para akademisi dan praktisi ekonomi Islam usai sukses menggelar konferensi internasional pada International Olympiad & Conference of Islamic Economic and Business (IOSIE) kedua di Hotel Azizah Syariah, Rabu (6/3/2024). 

Plenary session atau konferensi tersebut menghadirkan delapan pemateri, lima diantaranya berasal dari luar negeri Dr. Nadiah Binti Ishak dan Dr. Anas Tajuddin dari University Malaka, Prof. Dr. Anwar M. Radiamoda dari Filipina, Dr. Salman Ahmad Shaikh dari Pakistan.

Selanjutnya Ibraheem Abdulkareem, Ph.D, dari Nigeria. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag sebagai perwakilan Indonesia bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Dr. Muhammad Hadi, M.HI.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Kendari menerangkan persoalan Metaverse berkaitan dengan islamic finance dan digital inovation yang mempengaruhi perekonomian secara global. 

"Secara akademik untuk mendorong Metaverse ini lebih dulu memberikan pemahaman yang tepat kepada civitas akademika tentang Metaverse. Karena penyamaan presepsi sangat penting dari segi konsep yang tersosialisasi," katanya. 

Lanjut Rektor IAIN, dalam pembelajaran dosen juga terus didorong untuk menyajikan pembelajaran agar selalu menyinggung Metaverse. Bahkan saat ini kata dia Metavers mesti masuk dalam kurikulum pembelajaran. 

"Barangkali tidak dalam bentuk mata kuliah independen tetapi dalam metode insersi yang dilakukan secara bertahap," ucapnya. 

Selanjutnya beberapa pemateri juga membahas soal green ekonomi dengan pemanfaatan sumber daya alam atau penghijauan yang mempengaruhi perekonomian. Resilience atau ketahan diri individu untuk kembali pulih dari suatu keadaan yang menekan dan mampu beradaptasi serta bertahan dari kondisi ekonomi yang mengancam. 



Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim
Editor: Lily Ulfia

 

Foto Publikasi

  • Novi Rahmilia 07-03-2024 (08:31:25)
  • Novi Rahmilia 10-03-2024 (04:16:49)