PIONIR IX – IAIN Kendari Masuk 10 Besar di Tiga Cabang Lomba

Lily Ulfia, SE 18-07-2019 (11:01:54) Berita 475 times

Kendari, Humas – Memasuki hari ke empat pelaksanaan Pekan Ilmiah, Olaharaga, Seni dan Riset (PIONIR) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se Indonesia, Institut Agama Islam Negeri Kendari telah menyelesaikan delapan cabang lomba. Cabang lomba tersebut antara lain Pop Solo Religi, Bulu Tangkis Ganda Putra, Bulu Tangkis Tunggal Putra, Futsal, Panjat DInding, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, dan Musabaqah Qiraatul Kutub.

Dari delapan cabang tersebut tiga diantaranya berhasil masuk pada peringkat 10 besar secara nasional. Atlit cabang Bulu Tangkis Ganda Putra Muh. Aksan Dwi Putra – Farid Wajdy berhasil masuk dalam babak 8 besar dari 34 peserta, Tim Debat Bahasa Arab Eko Prayetno - Suniati meraih peringkat 9 dari 42 peserta, dan Muh. Lubis dari Cabang Qiraatul Kutub meraih peringkat ke 8 dari 38 peserta.

Selain delapan cabang, tersisa empat cabang lainnya yang masih diperlombakan yaitu Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz putra dan putri serta lomba duta PTKIN. 

Wakil Rektor III IAIN Kendari, Dr. Herman M.Pd.I, mengapresiasi usaha dan perjuangan para atlit meski belum berhasil meraih medali.

“Target kita datang untuk menang tetapi kita juga harus sportif menerima hasil keputusan dewan juri, hasil yang kita peroleh akan menjadi bahan evaluasi kita ke depan terutama dalam pembinaan kemahasiswaan”, papar pimpinan kontingen IAIN Kendari ini.

Rektor IAIN Kendari, Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd memberikan dukungan dan motivasi kepada seluruh peserta lomba. Mantan Ketua Senat IAIN Kendari ini bahkan turut hadir menyaksikan sejumlah pertandingan usai menghadiri upacara pembukaan PIONIR IX oleh Menteri Agama RI.

Menurut Rektor, pencapaian para atlit pada event nasional seperti PIONIR akan menjadi acuan dalam program peningkatan kapasitas mahasiswa dalam bidang minat dan bakat.

“Kita harus menyiapkan wadah dan memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat pada bidang tertentu, setelah itu barulah kita bisa menargetkan perolehan prestasi pada event nasional. Sekarang ini kita akan mulai melakukan pembenahan model pembinaan mahasiswa dan mengarahkan mereka pada iklim kompetisi minat dan bakat yang sehat”, jelas Rektor.

Kontingen IAIN Kendari tiba di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sejak Minggu, (14/7/19). Kontingen berjumlah 33 orang, dimana 13 orang diantaranya merupakan official lomba dan 20 orang peserta. PIONIR IX tahun 2019 menyelenggarakan lebih dari 30 cabang lomba yang diikuti oleh sebanyak 58 Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia. (liv)
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 19-07-2019 (11:10:15)
  • Lily Ulfia, SE 19-07-2019 (11:10:46)
  • Lily Ulfia, SE 19-07-2019 (11:11:42)
  • Lily Ulfia, SE 19-07-2019 (11:11:45)

Related Post