Persiapan go International, Mahasiswa Bidikmisi ikuti English Camp

Lily Ulfia, SE 11-03-2018 (15:25:57) Berita 447 times
Kendari - Humas, IAIN Kendari mempersiapkan penerima Beasiswa Bidikmisi sebagai Center of Excellence yang akan mewakili IAIN Kendari pada berbagai event internasional. Ketua UPT Bahasa IAIN Kendari, Fahmi Gunawan mengatakan, salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan skill para penerima beasiswa bidikmisi adalah dengan menyelenggarakan kegiatan penguatan bahasa asing.

“Kami merancang kegiatan penguatan skill bahasa asing dengan metode yang lebih menyenangkan, salah satunya melalui kegiatan english camp. Untuk tahap awal kami mengikutkan 30 peserta yang merupakan perwakilan dari empat fakultas yang ada”, kata Fahmi.

English Camp dilaksanakan di Asrama Haji Kendari mulai tanggal 9 – 11 Maret 2018. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari  Rules Foundation.

Menurut Fahmi, English Camp bertujuan untuk membiasakan mahasiswa menggunakan bahasa Inggris dalam aktifitas kesehariannya. Hal ini penting mengingat sebagian dari mereka akan mengikuti beberapa event bertaraf internasional yang menuntut mereka mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Pada Februari lalu, IAIN Kendari mengirim dua orang mahasiswa, Halimah dan Mira, untuk mengikuti International Conference di Ambon. Sedangkan pada bulan Agustus mendatang, IAIN Kendari akan mengutus tiga orang mahasiswa yang akan mengikuti ASEAN Youth Forum (AYF) yaitu Halimah, Asir Yuliana, dan Aguswari.  

Para peserta terlihat antusias mengikuti English Camp tersebut. Keinginan mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa asing menjadi motivasi utama untuk mengikuti kegiatan ini. UPT Bahasa menunjuk tutor yang berkompeten, lulusan Magister Linguistik dari Leeds University of United Kingdom, Dewi Atika.

Fahmi menjelaskan, selama tiga hari peserta memperoleh gemblengan berkaitan dengan Speaking Skills dengan berusaha mengekplorasi kosakata tanpa mengabaikan materi penting lainnya, seperti grammar, writing, translation, dan listening.

“Nuansa camp dirancang sedemikian rupa untuk membangun image bahwa bahasa Inggris mudah dipelajari sehingga mampu membentuk kebiasaan penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan bahasa Inggris pada berbagai forum resmi serta presentasi hasil penelitian pada ajang konferensi maupun forum yang berskala international”, tambahnya.

Untuk menjaga keberlanjutan program ini, UPT Bahasa bekerjasama dengan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari membuat program “English Floor” dengan mewajibkan penggunaan bahasa asing di kawasan lantai satu asrama Ma’had Al Jami’ah. Perlu diketahui, seluruh peserta english camp merupakan mahasantri Ma’had Al Jami’ah. (sms/liv)
 
 
 
 

Related Post