Persembahan Lagu “Meraih Bintang” Meriahkan Acara Wisuda IAIN Kendari Tahun 2018

Lily Ulfia, SE 17-10-2018 (09:33:51) Berita 674 times
Kendari, Humas – Ada yang berbeda pada pelaksanaan kegiatan Wisuda Program Sarjana dan Magister Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tahun 2018. Lagu Theme Song Asian Games “Meraih Bintang” memeriahkan acara yang digelar di auditorium IAIN Kendari, Rabu (18/10/18).

Lagu itu dibawakan dalam versi tiga bahasa oleh penyanyi trio IAIN Kendari. Mereka adalah Sumarteli, Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang bernyanyi dalam versi bahasa Arab, Zahra Ramadhani Jasman, Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam membawakan versi bahasa Inggris dan Nur Waqiyah, Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah bernyanyi dalam versi bahasa Indonesia.

Tamu undangan serta perserta wisuda ikut terbawa dalam suasana bersemangat yang dihadirkan oleh ketiga mahasiswi bersuara merdu ini. Beberapa diantaranya ikut bernyanyi termasuk anggota senat dan para tamu undangan.

Beberapa saat sebelumnya, para tamu undangan juga dibuat larut dalam suasana haru dengan penampilan Riska Amelia, mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang membawakan lagu berjudul titip Rindu Buat Ayah yang dipopulerkan oleh Ebiet G. Ade. Lantunan suara Riska mampu membuat sebagian besar para orang tua/wali meneteskan air mata haru.

Acara wisuda yang diikuti oleh 380 orang wisudawan/wisudawati ini dihadiri pimpinan dan anggota senat IAIN Kendari, pejabat pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara,  jajaran anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan Sejumlah Mitra IAIN Kendari antara lain Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Bank BNI, Bank BRI Syariah, serta Bank Muamalat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd memberikan pesan moral kepada para wisudawan/wisudawati melalui pantun.

“Pergi berburu janganlah murung, agar Rusa terkena panah. Walau ilmu setinggi gunung, akhlak mulia lebih utama”, tutur Rektor.

Melalui pantun itu, Rektor menitipkan harapan agar para wisudawan/wisudawati tetap mengedepankan akhlak dan integritas terutama setelah berbaur di tengah masyarakat. Sebab menurut Rektor, intelektualitas yang tinggi bukan menjadi jaminan seseorang akan menggapai kesuksesan.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengumumkan pemberian beasiswa bebabs SPP selama dua semester kepada Wisudawan terbaik program Sarjana, Aris Darmawan, SH, alumni Program Studi Hukum tata Negara, Fakultas Syari’ah. Beasiswa tersebut sebagai penyembangat kepada peraih IPK 3,88 ini untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi. Pada program Pascasarjana, peraih IPK tertinggi adalah Anistantia Putri Maulana MH, dengan IPK 3,95.

Berdasarkan data Bagian Akademik IAIN Kendari, sebanyak 65 orang wisudawan/wisudawati merupakan peraih predikat cumlaude yang tersebar pada empat Fakultas dan Empat Program Studi pada Program Pascasarjana.
Sedangkan wisudawan termuda adalah Abdul Rahman, SE yang berhasil menyelesaikan studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam usia 21 tahun.

Kegiatan Wisuda juga diisi orasi Ilmiah dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.pd dengan judul Rekonstruksi Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berkarakter Islami. Hal penting yang diungkapkan dalam tulisan sepanjang 16 halaman ini adalah berkaitan dengan peran dunia pendidikan dalam memanfaatkan potensi akal, kalbu dan nafsu manusia.

“Apabila proses pendidikan yang dilakukan hanya menitikberatkan pada akal, maka lahirlah manusia yang cerdas tanpa moral. Kecerdasannya bukannya memberikan manfaat melainkan menciptakan keburukan di tengah masyarakat maupun lingkungan sekitar,” paparnya.

Kegiatan Wisuda Program Sarjana dan Magister IAIN Kendari tahun 2018 dikoordinir oleh Direktur Pascasarjana selaku ketua Panitia, Dr. Supriyanto, MA. Wisuda kali ini memberikan konsep yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya dengan tujuan memberikan suguan kegiatan yang sakral namun jauh dari kesan menjenuhkan sebagaimana prosesi wisuda yang sarat dengan aturan baku keprotokolan.

Akhirnya, Sivitas Akademika IAIN Kendari mengucapkan Selamat dan Sukses kepada para Wisudawan, semoga kelak menjadi generasi sukses yang mengabdi dengan tulus demi agama, bangsa dan Negara. (liv)
 
  
 
 

Related Post