Permudah Alumni Mengakses Pekerjaan, FEBI Jalin Kerjasama Tripartit

Lily Ulfia, SE 15-08-2017 (15:51:28) Berita 391 times
Satu lagi langkah maju yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari dalam rangka memastikan alumninya terserap di dunia kerja. FEBI sedang menyiapkan instrumen sertifikasi profesi bagi alumni, melalui kerjasama tripartit dengan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Syariah (LSP).

Kerjasama tripartit FEBI, Asbisindo dan LSP ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang rencananya akan dirampungkan akhir bulan ini. Pada pekan lalu, tepatnya di Medan Sumatera Utara, selain FEBI IAIN Kendari terdapat 25 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri lainnya yang telah sepakat menjalin kerjasama tripartit bersama Asbisindo dan LSP. Dengan kerjasama ini, alumni FEBI nantinya akan memperoleh sertifikat profesi atau keterangan pendamping ijazah (SKPI) sebagai jaminan kualifikasi mereka telah sesuai dengan standar penyedia lowongan kerja khususnya Bank Syariah.

Wakil Dekan I FEBI, Dr. Wahyudin Maguni menjelaskan, kerjasama tripartit ini akan dilaksanakan melalui beberapa tahapan antara lain tahapan pelatihan, uji kompetensi dan pemberian sertifikat.

“Jadi akan ada Standar Operasional Prosedur yang ditetapkan bersama sebagai acuan untuk mengeluarkan sertifikat profesi, bagi mahasiswa yang dapat memenuhi SOP tersebut dipastikan akan memperoleh sertifikat yang nantinya menjadi tiket masuk mereka saat ingin berkarir di Bank Syariah” paparnya.

Lebih jauh ia mengatakan, uji kompetensi ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah sampai pada tahap penyelesaian studi, minimal telah selesai mengikuti seminar hasil penelitian skripsi. Mereka akan diuji terkait dengan keahlian khusus pada prodi masing-masing.

“Sebagai contoh pada prodi Perbankan Syariah, mahasiswa akan menerima materi ujian terkait operasional Bank Syariah dan jenis pembiayaannya begitupula pada prodi Ekonomi Syariah mereka akan mengikuti ujian terkait manajemen resiko, jika lulus maka akan lebih mudah diterima pada Bank Syariah” jelas Wakil Dekan yang membidangi akademik dan pengembangan lembaga ini.

Sebagai langkah awal, FEBI akan mengevaluasi apakah proses akademik termasuk kurikulum yang ada selama ini telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dalam rangka memenuhi kriteria sebagai pemegang sertifikat profesi dimaksud.

FEBI  merupakan salah satu fakultas di IAIN Kendari dengan trend pendaftar yang meningkat pesat dari tahun ke tahun. Animo masyarakat terhadap fakultas ini terbilang besar, selain karena memiliki peluang kerja yang lebih luas, fakultas ini memiliki daya tarik lainnya terutama karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap antara lain Laboratorium Perbankan Syariah, BI Corner, serta fasilitas lainnya hasil kerjasama dengan berbagai lembaga seperti Bursa Efek dan Otoritas Jasa Keuangan. (liv)  
 

Related Post