Pengurus Lembaga Mahasiswa Se Kota Kendari Ikut LKM Di IAIN Kendari

Super User 21-12-2015 (04:17:01) Berita 717 times

Leadership-Training-Programs-Pelatihan-Kepemimpinan-2015

Kendari (Humas) - Sejumlah pengurus Lembaga kemahasiswaan perguruan tinggi di kota Kendari mengikuti Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Lintas Kampus yang digelar Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Kendari di Auditorium, Senin (21/12/2015). Diantaranya Pengurus Lembaga Kemahasiswaan STIKES Pelita Ibu, Universitas Muhammadiyah Kendari, STIE 66 dan Universitas Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini mengangkat tema Peran Pemuda dalam menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut mengatakan, sebagai generasi penerus mahasiswa hendaknya membekali diri dengan meningkatkan kualitas individu utamanya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean dimana aroma persaingan dalam berbagai aspek terasa lebih berat. “Dengan pemberlakuan free trade area maka masyarakat dari sembilan negara Asean seperti Malaysia, Philiphina, Brunei Darussalam, Thailand dan lain-lain akan bebas masuk ke Indonesia, bagaimana dengan dengan SDM kita? Karena itulah mahasiswa harus mulai menerapkan pola pikir exellence yaitu  mengedepankan keunggulan baik dalam kualitas, kuantitas, performa, perilaku maupun metode dalam bertindak” kata Rektor.


Rektor juga kembali mengingatkan Mahasiswa agar tetap menjadikan tri dharma perguruan tinggi yaitu proses pembelajaran, riset dan aktifitas pengabdian sebagai orientasi selama berada di kampus ini. Organisasi kemahasiswaan seyogyanya menjadi second activity yang dijadikan tempat menimba bekal leadership, administrasi, manajemen dan komunikasi. Keempat variabel tersebut merupakan modal utama yang harus dimiliki generasi muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang.


Sementara itu, Ketua Dewan Mahasiswa IAIN Kendari Samsul Darlis dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menjalin silaturrahmi sekaligus konsolidasi antar mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean yang akan dimulai tanggal 1 Januari 2016 mendatang. Sejumlah pakar diundang sebagai Narasumber untuk memperkuat mahasiswa dalam menghadapi MEA antara lain Walikota Kendari Dr. Ir. H. Asrun, M.Eng.Sc, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Drs. H. Tasman Taewo, M.Si, Pakar Politik Sultra Dr. Eka Suaib, M.Si, Dosen Hukum Tata Negara IAIN Kendari Ahmadi, S.HI, MH dan tokoh pemuda Sultra Busra Yusuf, M.Pd.I. “Kegiatan ini diharapkan dapat mempertegas peran serta Mahasiswa dalam menghadapi MEA dengan didukung daya pikir yang kreatif, inovatif dan kritis sehingga dapat bersaing dengan SDM dari negara ASEAN lainnya” pungkasnya.

Related Post