Pengukuhan Mahasiswa Baru IAIN Kendari Diikuti Oleh Maba Dari Benua Afrika

Novi Rahmilia 23-08-2022 (14:33:47) Berita 224 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Sidang Terbuka Pengukuhan Mahasiswa Baru dan Pembukaan Kuliah Umum Tahun Ajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Auditorium IAIN Kendari dan online via zoom meeting. Pengukuhan diikuti oleh mahasiswa baru dari Madagaskar dan Sudan yang hadir secara virtual, Selasa (23/8/2022).

Penanggung Jawab Kegiatan yang juga merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan,  Dr. Husain Insawan, M.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa  pada tahun ini IAIN Kendari meluluskan sebanyak 1.490 calon mahasiswa baru program sarjana dan pascasarjana dari total 2.836 pendaftar.

“Jumlah tersebut diperoleh setelah melakukan seleksi melalui tiga jalur penerimaan, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Seleksi Mandiri Lokal. Pada hari ini, keseluruhan mahasiswa baru tersebut akan dikukuhkan secara resmi,” paparnya.

Dr. Husain menambahkan, pada tahun ini IAIN Kendari kembali menerima mahasiswa asing dari Benua Afrika. Hal ini membuktikan bahwa IAIN Kendari semakin diiminati hingga ke kancah internasional.

“Mahasiswa asing tersebut berasal dari Madagaskar dan Sudan Selatan, pada proses pengukuhan ini mereka hadir secara virtual via zoom meeting,” ucapnya.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah resmi menjadi bagian dari sivitas akademika IAIN Kendari.

“Di dunia kampus, kalian akan menjalani masa-masa fundamental dalam fase pendewasaan diri, membangun critical thinking dan pemikiran berkemajuan sebagai bekal meraih sukses dimasa depan,” ucapnya.

Rektor menambahkan, mahasiswa IAIN Kendari yang berasal dari beragam suku, daerah bahkan negara harus mampu beradaptasi dengan perbedaan. Kontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan sikap saling menghargai dan menghormati dalam masyarakat multikultural.

Setelah memberikan sambutan, rektor mengukuhkan mahasiswa baru yang  dilakukan secara simbolis dengan pemasangan  jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru. Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat institut dan fakultas sebagai motivasi bagi mahasiswa baru untuk meningkatkan dan menunjukkan kompetensi diri dalam meraih prestasi.

Kegiatan dihadiri oleh  Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk New Delhi India Aldrin Herwany, Ph.D yang hadir via zoom,  Ketua DPRD Provinsi Sultra, Dr. H. Abdurrahman Saleh, M.Si, seluruh jajaran pimpinan IAIN Kendari, ketua dan anggota senat, dosen, pegawai, mahasiswa serta orang tua atau wali mahasiswa.