Pendaftar UM PTKIN IAIN Kendari Naik 30 Persen

Lily Ulfia, SE 17-05-2019 (12:01:15) Berita 852 times

Kendari, Humas – Menjelang pelaksanaan tahun akademik 2019-2020, IAIN Kendari membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftaran berbasis website ini telah resmi ditutup 9 Mei 2019.

Berdasarkan data statistik UM PTKIN, jumlah pendaftar di IAIN Kendari kembali mengalami kenaikan signifikan sebesar 30 persen dari 778 orang pada tahun 2018 naik menjadi 1.099 orang tahun 2019. Dari jumlah tersebut, sebanyak 943 orang diantaranya menetapkan IAIN Kendari sebagai pilihan pertama.

Menurut Ketua Panitia Lokal UM PTKIN, Dr. Husain Insawan, M.Ag, peningkatan ini seiring dengan membaiknya citra IAIN Kendari di mata publik karena beberapa faktor salah satunya dengan raihan nilai akreditasi B yang diperoleh beberapa waktu lalu.

“Kami bersyukur karena kepercayaan publik terhadap IAIN Kendari terus mengalami peningkatan. Sebagai respon atas hal itu, kami telah melakukan penambahan dari aspek kuantitas maupun kualitas sarana dan prasarana melalui pembangunan gedung kuliah terpadu dan rekrutmen tenaga pengajar pada tahun 2018", jelas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini.

Berkaitan dengan sebaran pendaftar pada Program Studi, Husain menyebutkan jumlah pendaftar tertinggi terdapat pada Program Studi Pendidikan Agama Islam disusul Ekonomi Syariah dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah. Sedangkan berdasarkan daerah asal, kabupaten Konawe Selatan berada pada posisi tertinggi disusul kota Kendari dan Konawe.

Pendaftar UM PTKIN akan menjalani tes pada tanggal 28 Mei 2019 melalui dua kategori yaitu berbasis computer dan tes tertulis. Untuk mengikuti ujian dimaksud, panitia mewajibkan pendaftar membawa kartu ujian dan tanda pengenal.

Sebagai informasi, tahun 2018 lalu, IAIN kendari memperoleh penghargaan dari Menteri Agama sebagai kampus dengan jumlah pendaftar UM PTKIN tertinggi se Indonesia. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas meningkatnya kepercayaan publik terhadap IAIN Kendari.

Rencananya tahun ini IAIN Kendari akan menerima mahasiswa baru sekitar 1.600 orang  melalui tiga jalur penerimaan antara lain jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SPAN PTKIN, jalur UM PTKIN dan jalur Ujian Mandiri yang akan dimulai awal Juni mendatang. (liv)
 
 
 

Related Post