Pendaftar IAIN Kendari jalur UM PTKIN Naik 200 Persen

Lily Ulfia, SE 15-05-2018 (16:52:12) Berita 248 times

Kendari, Humas – Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari melalui jalur Ujian Masuk – Perguruan Tinggi Keagamaan islam Negeri telah ditutup sejak Sabtu, 12 Mei 2018. Sebanyak 1.782 orang telah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru IAIN Kendari melalui jalur pendaftaran berbasis online tersebut.

Ketua Panitia UM PTKIN IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, angka ini naik signifikan mencapai 200 persen dibandingkan jumlah pendaftar tahun sebelumnya yang mencapai 500 orang.  Kenaikan jumlah pendaftar ini menunjukkan peningkatan minat masyarakat terhadap IAIN Kendari, bukan saja dari Sulawesi Tenggara melainkan dari sejumlah daerah khususnya di wilayah Indonesia Timur.

“Kuota yang kami siapkan hanya 648 orang, ini sudah kami sesuaikan dengan fasilitas dan SDM yang kami miliki saat ini. Jadi ada sekitar seribu orang lebih yang tidak lulus pada jalur ini”, tambahnya.

Prodi dengan peminat tertinggi antara lain Pendidikan Agama Islam, menyusul Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah. Ketiga prodi ini juga menjadi favorit pada penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN.

Husain menjelaskan, semua pendaftar UM PTKIN akan mengikuti tes ujian masuk yang berlokasi di kampus IAIN Kendari dengan dua kategori yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test. 

“Pelaksanaan tes akan dilaksanakan satu hari, tanggal 22 Mei 2018 dengan materi tes antara lain potensi akademik, bahasa, keislaman dan pengetahuan sesuai rumpun keilmuannya”, tambah Wakil Rektor I ini.

Sementara itu, pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa baru yang lulus SPAN PTKIN masih dibuka hingga tanggal 22 Mei 2018. Bagi pendaftar yang belum melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu dimaksud akan dinyatakan gugur.

IAIN Kendari masih akan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur Ujian Mandiri yang pendafatarannya akan mulai dibuka pada 23 Mei mendatang.
 

Related Post