Pemkab Bombana Salurkan Beasiswa Kepada 51 Mahasiswa IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 13-12-2018 (12:53:30) Berita 310 times
(Kendari, Humas) Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana menyalurkan Beasiswa Gembira Cerdas kepada 51 orang mahasiswa IAIN Kendari. Legalitas penyaluran dana beasiswa tercantum dalam Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan IAIN Kendari, 3 Desember 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Abdul Rauf Abidin, menjelaskan, beasiswa ini merupakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu asal kabupaten Bombana. Proses seleksi kepada calon penerima beasiswa Gembira Cerdas telah dilaksanakan sejak April 2018.

“Tim Gembira Cerdas telah melaksanakan seleksi kelayakan penerima beasiswa dengan melakukan verifikasi kelengkapan adminsitrasi diantaranya surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa dan keterangan aktif kuliah”, jelas mantan Kadis Kesbangpol ini usai menandatangani SPK di ruang kerja Rektor IAIN Kendari, didampingi Wakil Dekan III Fatik, Abbas, S.Ag, MA pada Senin (3/12/18)

Sementara itu, pihak IAIN Kendari membantu melakukan verifikasi untuk memastikan penerima beasiswa Gembira Cerdas belum menerima beasiswa lainnya yang bersumber dari anggaran IAIN Kendari. Pemberian beasiswa terhitung sejak dinyatakan aktif sebagai mahasiswa pada semester dua sapai semester delapan dengan ketentuan IPK minimal 3,0.

Rektor IAIN Kendari menyambut baik kebijakan penyaluran beasiswa Gembira Cerdas. Beasiswa tersebut membantu meringankan biaya UKT bagi mahasiswa kurang
mampu.

“Sekitar 90 persen mahasiswa di IAIN Kendari berasal dari keluarga dengan tingkat kesejahteraan menengah ke bawah, sebagian dari mereka terpaksa harus putus kuliah karena kendala biaya. Kebijakan penyaluran beasiswa ini memperluas akses bagi mereka untuk mencapai cita-cita menjadi sarjana dan berkontribusi untuk pembangunan daerahnya,” kata Rektor.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, pihak IAIN Kendari wajib memberikan laporan kemajuan prestasi mahasiswa sekaligus melakukan pembinaan agar kelak setelah lulus mampu menjadi SDM yang unggul untuk membantu pengembangan di Kabupaten Bombana.

51 mahasiswa penerima beasiswa ini tersebar pada empat fakultas dengan rincian sebagai berikut, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 28 orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sebanyak 2 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 20 orang,  dan Fakultas Syariah sebanyak 1 orang.

Wakil Rektor III IAIN Kendari, Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag mengatakan, selain Kabupaten Bombana, Pemerintah kabupaten Kolaka Timur telah lebih dulu menyiapkan anggaran beasiswa bagi generasi muda asal kabupaten tersebut melalui program Bidik Aksi.

“Harapan kami program ini bisa dilaksanakan secara massif oleh kabupaten/kota lainnya terutama dari beberapa kabupaten kota yang sudah menjalin kerjasama dengan IAIN Kendari seperti Buton Utara, Kabupaten Konawe Selatan dan Konawe Utara,”pungkasnya. (liv).
 
 
 

Related Post