Pascasarjana IAIN Kendari Gelar Seminar Nasional dan Penandatanganan MoU 

Novi Rahmilia 28-05-2024 (17:38:16) Berita 151 times
Kendari, Humas - Pascasarjana Institut Agama Islam (IAIN) Kendari menggelar seminar nasional dengan tema "Diskursus Pendidikan yang Memberdayakan Menuju Kampus Merdeka" di Aula Pascasarjana, Selasa (28/5/2024). 

Seminar nasional menghadirkan pemateri Prof. Dr. Hj. Herwina Bahar, MA, Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Prof. Dr. Muhaemin, S.Pd.I, MA, Direktur Pascasarjana IAIN Palopo. 

Seminar nasional diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara IAIN Kendari dengan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Pascasarjana IAIN Palopo. 

Rektor yang diwakili Wakil Rektor II Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dengan kehadiran dua narasumber serta permohonan maaf dari Rektor IAIN Kendari yang belum sempat hadir dikarenakan sedang membangun kerjasama dengan beberapa negara di asia untuk menuju kampus merdeka merdeka belajar. 

Nurdin juga mengungkapkan, tema yang diangkat pada seminar kali ini sangat unik dan menarik untuk banyak dijelaskan oleh kedua narasumber. Ia menambahkan ada tiga hal yang perlu mendapat penjelasan secara mendalam yaitu pertama bagaimana kampus merdeka mampu memberdayakan mahasiswa Pascasarjana dan S1. 

Kedua adalah peluang dan tantangan kampus merdeka yang tentunya akan menganalisis langkah strategis kampus dalam rangka mengimplementasikan kampus merdeka merdeka belajar. Ketiga adalah peran lembaga Institusi termasuk masyarakat dan pemerintah untuk mendukung kampus merdeka merdeka belajar. 

"Tiga hal itu yang menjadi isu hangat untuk dijelaskan oleh narasumber dan kita akan bahas bersama sehingga lahir pemikiran dan gagasan baru terkait dengan diskursus pendidikan yang memberdayakan mahasiswa menuju kampus merdeka merdeka belajar," katanya. 

Ditempat yang sama Dr. La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I, kegiatan seminar nasional ini menjadi rutinitas Pascasarjana sebagai momentum pengembangan ilmu pengetahuan. Ia berharap agar semua peserta mengikuti kegiatan dengan seksama dan penuh perhatian. 

"Bagi peserta silahkan ikuti kegiatan ini dengan seksama dan sebaik-baiknya sehingga bisa membawa pengembangan individu dan institusi kampus IAIN Kendari," pungkasnya. 


Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim
Editor: Lily Ulfia