Pascasarjana Gaet Mahasiswa Baru Lewat Program Kerjasama

Lily Ulfia, SE 27-07-2019 (13:28:26) Berita 248 times
Kendari, Humas - Program Pascasarjana IAIN Kendari menerapkan sejumlah strategi untuk menggaet mahasiswa baru antara lain dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi Door to Door di kantor-kantor serta menjalin kerjasama antar instansi baik pemerintah maupun swasta.

“Kami melihat potensi mahasiswa program pascasarjana masih didominasi kalangan pegawai sedangkan untuk lulusan freshgraduate relatif masih rendah, untuk itu kegiatan sosialisasi kami fokuskan di instansi pemerintah dan swasta,” ungkap Direktur Pascasarjana IAIN Kendari Dr. Laode Abdul Wahab, M.Pd
.
Instansi yang telah menjalin kerjasama dengan Program Pascasarjaa IAIN Kendari antara lain Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sekolah Tinggi Agama Islam Bau-bau.

“Ruang lingkup kerjasama tersebut adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Selain itu kerjasama ini juga akan kami realisasikan dalam program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tambah Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta ini.

Sementara itu terkait jumlah pendaftar tahun 2019, Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Dr. Mansur, M.Pd mengatakan sebanyak 62 orang telah melengkapi persyaratan pendaftaran. Saat ini mereka tengah mengikuti tes selama dua hari 27-28 Juli 2019.

Pada hari pertama mereka menjalani tes tertulis dengan materi antara lain tes potensi akademik, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Sedangkan untuk hari berikutnya dilanjutkan dengan tes wawancara berdasarkan proposal penelitian tesis yang mereka ajukan sebagai salah satu persyaratan pendaftaran.

Pendaftar Program Pascasarjana tersebar pada empat Program studi dengan rincian sebagai berikut :
1. Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 23 orang
2. Pendidikan Agama Islam sebanyak 20 orang
3. Hukum Islam sebanyak 10 orang
4. Ekonomi Islam sebanyak 9 orang.

Program pascasarjana memiliki keunggulan antara lain tenaga dosen yang profesional berasal dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Kelebihan lainnya, biaya kuliah pada program ini sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 5 Juta per semester serta tersedia fasilitas ruangan kuliah yang modern dan nyaman. (liv)
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 27-07-2019 (13:33:43)
  • Lily Ulfia, SE 27-07-2019 (13:34:15)

Related Post