Parallel Session IOSIE IAIN Kendari 2024, Ruang Dialektika Peneliti dan Akademisi

Novi Rahmilia 07-03-2024 (13:38:50) Berita 394 times
Kendari, Humas - International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) 2024 yang diselenggarakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menghadirkan hal baru salah satunya Parallel Sessions. 

Parallel Session sendiri merupakan forum bagi para Panelis untuk mempresentasikan penelitiannya di hadapan para audiens yang dipantau langsung oleh Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia.

Dr. Sodiman, S.Fil.I., M.Ag bersama Dr. H. Jamal Abdul Aziz, M.Ag menjadi reviewer di room 3 pada IOSIE 2024 yang diikuti peserta dari IAIN Kendari, UIN Imam Bonjol Padang, IAIN Sultan Amai Gorontalo dan UIN Salatiga. 

"Parallel session juga mewajibkan peserta mempresentasikan semua artikel ilmiah yang telah di submit ke panitia untuk direview kualitasnya agar berstandar internasional dan bisa di publikasikan pada jurnal-jurnal internasional," kata Dr. Sodiman. 

Ia melanjutkan, penilaian yang dilakukan tentunya jurnal berstandar internasional. Pertama menariknya topik, kedua Novelty atau unsur kebaruan dari sebuah penelitian atau artikel dan kontribusi kepada ilmu pengetahuan. 

"Yang paling diutamakan adalah kontribusi baru karena setiap tulisan yang akan dipublikasikan mesti ada hal baru bukan hanya mengulang yang sudah ada," tambahnya. 

Untuk diketahui Parallel Session tak hanya diikuti oleh mahasiswa namun juga para dosen. Parallel session ini akan berlangsung hingga 8 Maret yang diakhiri dengan pengumuman juara dan penutupan IOSIE IAIN Kendari 2024.


Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim