Menyambut HUT RI Ke-73, Dosen IAIN Kendari Luncurkan Buku

Lily Ulfia, SE 17-08-2018 (11:41:05) Berita 280 times
Kendari, Humas –osen IAIN Kendari meluncurkan buku yang berjudul “Religion Society & Social Media”. Buku berjenis “book chapter” yang diinisiasi oleh para dosen muda IAIN Kendari ini merupakan buku yang berisi kumpulan hasil penelitian para dosen IAIN Kendari, Universitas Andalas, IAIN Batusangkar, dan STAI Rasyidiah Khalidiyah Amuntai Kalimantan Selatan.

Peluncuran buku ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 tahun 2018.
Editor yang juga salah satu penulis buku tersebut, Fahmi Gunawan buku ini mengutarakan bahwa buku ini merupakan refleksi dan respon para penulis terkait dengan fenomena media sosial (medsos) yang telah banyak mempengaruhi segala sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

“Medsos ini ini dapat bersifat negatif maupun positif. Misalnya saja, pengguna medsos dapat dengan mudah terlibat dalam sebuah perbincangan dengan orang yang identitasnya tidak dikenal, informasi dapat menyebar dengan begitu mudahnya, terbentuknya identitas beragama yang kemudian diperhadapkan pada identitas keindonesiaan, sentimen agama, berbagai ujaran kebencian dan hinaan, bahkan kesantunan berbahasa menjadi hal yang semakin tergerus”, ungkapnya.

Di sisi lain, menurut Fahmi, medsos dapat pula dimanfaatkan pada hal yang positif. Misalnya, pemanfaatan facebook dalam proses pembelajaran yang lebih efektif. Berbagai isu hubungan masyarakat dengan medsos inilah yang dikaji secara mendalam oleh para penulis dengan berbagai perspektif sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Buku ini, lanjut Fahmi, diharapkan mampu memetakan dinamika masyarakat akibat maraknya penggunaan medsos yang kian hari sulit terbendung bahkan menjadi suatu keniscayaan.

Abdul Muiz yang juga salah satu editor dan penulis buku ini menambahkan bahwa untuk mempermudah para pembaca, buku ini tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak tetapi juga akan segera diterbitkan dalam edisi digital yang dapat diakses dan diunduh di google playstore.(sms/liv)
 

Related Post