Menteri Agama RI Lantik Ketua STAIN Kendari Periode 2013-2017

07-05-2013 (01:59:05) Berita 782 times

Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, melantik dan mengukuhkan secara resmi Dr. H.Nur Alim, M.Pd menjadi Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Qaimuddin Kendari periode 2013-2017 di Lobby Operation Room lantai II Kantor Kementerian Agama RI di Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta, Kamis (2/5) pukul 10.00 WIB. Mengawali sambutannya Menteri Agama RI Suryadharma Ali mengucapkan selamat kepada pimpinan perguruan tinggi yang dilantik yaitu Rektor UIN Malang, Ketua STAIN Kendari, Ketua STAIN Samarinda, Ketua STAIN Kudus.

Dikatakan dalam sambutannya bawha beberapa tahun terakhir ini telah muncul paradikma baru pentingnya membagun dan meningkatkan kualitas perguruan tinggi agama Islam yang profesional, berkualitas bertarap nasional dan bahkan internasional, hal ini merupakan tuntutan logis, agar tercipa kualitas dan kapasitas sumberdaya manusia, serta mengoptimalkan sumberdaya yang ada. Menag RI juga mengatakan upaya peningkatan pendidikan perguruan tinggi yang harus profesional dan mandiri dan memainkan perannya agar pendidikan tinggi kementerian agama tidak dipandang sebagai perguruan tinggi kelas dua. Olehnya itu Menag berharap agar perguruan tinggi agama Islam dapat mengoptimalkan perannya dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam negeri, maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan agama dan keagamaan, katanya.

Karenanya Menag RI berharap agar perguruan tinggi agama seperti UIN dan STAIN tetap memiliki peran sangat penting dalam pengembangan ilmu agama, mampu mewujudkan bentuk pendidikan yang utuh dan mengarah kepada terbentuknya tenaga ahli agama Islam. Yakni tenaga ahli yang memahami dan menguasai ilmu agama Islam serta persoalan masyarakat.

Menag juga mengatakan bahwa menurut para pakar pendidikan untuk mewujudkan perguruan tinggi yang memiliki yang berkualitas harus memiliki keunggulan seperti :

1. Keunggulan dalam riset yang diakui kalangan akademik melalui bidang penelitian.

2. Keunggulan dalam tenaga pengajar, seperti profesor yang ahli dalam bidangnya

3. Keunggulan dalam akademik

4. Keunggulan dalam manajemen untuk menunjang good government

5. Fasilitas yang memadai untuk meningkatkan gairah belajar

6. Pendanaan yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar

7. Keunggulan program-program pendidikan

Perguruan tinggi harus banyak melakukan riset seperti penelitian yang merupakan jantung perguruan tinggi, penelitian disini adalah penelitian yang diakui oleh kalangan akademik, karena penelitian yang berkualitas serta keunggulan aspek-aspek lain adalah amat penting

Terkait pelantikan tersebut, Humas STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, Sakri. S.SI, mewakili segenap civitas akademika mengucapkan selamat kepada Dr. H. Nur Alim, M.Pd.

Kiranya di bawah kepemimpinan Dr. H. Nur Alim, M.Pd, periode kedua, STAIN Sultan Qaimuddin Kendari semakin maju dan sukses. Kemudian mampu mewujudkan cita-cita dan mengubah STAIN menjadi IAIN Kendari.

 

Related Post