Masa Pendaftaran SPAN – PTKIN Diperpanjang

Lily Ulfia, SE 27-02-2019 (12:06:48) Berita 1177 times

Kendari, Humas – Masa pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Peguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – PTKIN) tahun 2019 diperpanjang sampai dengan tanggal 3 Maret 2019. Sebelumnya, Panitia SPAN PTKIN menetapkan masa pendaftaran dimulai tanggal 23 Januari dan berakhir 28 Februari 2019.
 
Ketua Panitia Lokal SPAN PTKIN IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag  menjelaskan, perpanjangan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan finalisasi data pada laman website SPAN PTKIN. Sebab menurut rekapitulasi panitia, jumlah pendaftar yang belum melakukan finalisasi data masih cukup banyak khususnya di Sulawesi Tenggara.
 
“Siswa yang masuk kategori berprestasi secara akademik dipersilahkan memanfaatkan kesempatan ini, selain karena tidak perlu melalui test, jalur ini juga bebas dari biaya pendaftaran sehingga meringankan bagi siswa yang bersangkutan”, jelasnya.
 
Husain menambahkan, tahun ini,  kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari untuk jalur SPAN – PTKIN sebanyak 559 orang. Kuota tersebut merata bagi siswa Madrasah Aliyah maupun SMA sederajat.
 
Kuota ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya dikarenakan adanya kebijakan penurunan kuota SPAN PTKIN yakni 50 % menjadi 30 % dari total kuota penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.
 
Sebaliknya kuota penerimaan maba untuk jalur Ujian Masuk PTKIN justru mengalami kenaikan dari dari 30% menjadi 50% dari total kuota yang ada.
 

Related Post